Extension Course Filsafat ( ECF )

ECF adalah singkatan dari Extension Course Filsafat. ECF merupakan kegiatan non-profit yang mengejawantahkan salah satu bentuk Tri Darma Perguruan tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat. ECF diselenggarakan oleh Fakultas Filsafat Unpar Bandung sejak tahun 2004.

Program ECF ini dilandasi oleh kebutuhan sebagian masyarakat yang ingin mencicipi studi  filsafat tetapi karena keterbatasan waktu mereka tidak bisa mengikutinya secara formal. Selain itu, adanya kebutuhan juga akan pendekatan yang lebih mendasar dan kritis untuk menelaah  fenomena kultural dan kemanusiaan kontemporer, yang bukan hanya dalam konteks Indonesia saja, tetapi konteks peradaban yang lebih luas.

Oleh sebab itu, program ini didesain dengan memakai kerangka berpikir filosofis, tetapi tetap terbuka terhadap pendekatan multidisiliner juga. Oleh karena itu, ECF merupakan wadah belajar interdisipliner juga.

ECF diselenggarakan dua kali dalam setahun dan sekarang ini ECF menginjak tahun yang ke 11 atau angkatan ke XXII. Komunitas ECF, yaitu pecinta filsafat atau orang-orang yang pernah mengikuti ECF, berjumlah kurang lebih 1000 Peserta. ECF memiliki website juga di Facebook, yaitu ECF Unpar Club. Semoga ECF menjadi ajang bertukar ide dan jaringan intelektual.