Editorial + Sampul

Authors

  • JAB Cebis UNPAR Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis FISIP UNPAR

DOI:

https://doi.org/10.26593/jab.v5i2.2107.%25p

Abstract

Politik dan bisnis merupakan dua aktifitas yang tidak dapat dipisahkan, yang
membentuk satu lingkungan besar yaitu lingkungan sosial. Lingkungan sosial
ini dapat mencakup aspek yang luas, seperti etika, corporate governance,
corporate social responsibility, perlindungan konsumen, kepuasan konsumen, persaingan,
industrial relation, pasar saham, hubungan dengan lembaga pemerintah,
dan aspek sosial politik lainnya. Beberapa aspek ini merupakan sajian utama pada
penerbitan Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Volume 5 Nomor 2 Tahun 2009.
Jojok Dwiridotjahjono menyajikan isu mengenai corporate governance (tata
kelola perusahaan) yang merupakan salah satu bahasan penting dalam rangka mendukung
pemulihan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi yang stabil di masa yang akan
datang, baik di Indonesia ataupun di berbagai negara Asia lainnya, yang mengalami
krisis ekonomi pada pertengahan tahun 1997. Sedangkan Haeryip Sihombing dan
Mochamad Safarudin mengangkat tema mengenai corporate social responsibility
sebagai salah satu inovasi pelaku bisnis dalam menghadapi pasar, seiring dengan
perubahan iklim dan kemiskinan sebagai pembentuk pasar.
James R. Situmorang membahas mengenai keterkaitan antara politik
dan bisnis, baik sebagai ilmu ataupun berdasarkan pendekatan empiris dari
lingkungan bisnis yang mencakup internal ataupun eksternal. Abdul Rahman
membahas mengenai pentingnya setiap organisasi, baik bisnis atapun publik, untuk
memperhatikan kualitas produk yang di tawarkannya. Orientasi pada kepuasan
konsumen (pelanggan) mendorong organisasi untuk merumuskan kualitas secara
lengkap. Situasi persaingan yang demikian ketat ditambah dengan tuntutan publik
yang meningkat telah memaksa setiap organisasi untuk terus meningkatkan kualitas
produknya. Setyabudi Indartono menyajikan sebuah kajian mengenai hubungan
antara persepsi politik organisasi terhadap komitmen, dan bagaimana variabel
kepercayaan (trust) dapat menjelaskan hubungan tersebut.
Arie I. Chandra menguraikan mengenai pentingnya setiap organisasi bisnis untuk
mengelola hubungan baik dan fungsional dengan para pemangku kepentingan.
Hubungan perusahaan dengan lingkungan luarnya tidak lagi dapat disederhanakan
sebagai perihal mengoptimalkan kepuasan pembeli dan keuntungan perusahaan semata.
Dengan semakin kompleksnya kehidupan modern maka ini berimbas pula
pada perusahaan. Dalam menghasilkan barang dan atau jasa, perusahaan wajib memperhatikan
aspek kesehatan dan keselamatan bagi pembeli/pengguna. Sedangkan
Elizabeth Tiur Manurung dan Sean Adi Mulyawan memberikan kajian empiris
mengenai pengaruh dari tingkat bunga dan indeks harga saham terhadap harga saham
PT Telkom. Pasar modal merupakan salah satu sarana bagi pemerintah untuk menjalankan
kebijakan dalam rangka menstabilkan perekonomian. Saham merupakan
salah satu instrumen pasar modal. Pergerakan harga saham diindikasikan oleh indeks
harga saham dan juga tingkat bunga.

Downloads

Published

2016-07-21

Issue

Section

Articles