Pemanfaatan Sales Intellegence Dalam Peningkatan Control of Knowledge

Daniel Karim, Clarissa Faustine

Abstract


Persaingan dalam sebuah industri tidak dapat dihindarkan oleh para pelaku bisnis. Salah satu cara untuk bertahan dan memenangkan persaingan adalah dengan mening- katkan kemampuan perusahaan untuk mengendalikan sumber daya di sekitarnya. Untuk dapat unggul dalam sebuah persaingan, perusahaan dapat mengendalikan sumber daya non-makro seperti Control of Knowledge, Expert Power, Control of Distribution, Control of Resources, dan Personal Power. Dari kelima sumber yang dapat dikendalikan tersebut, Control of Knowledge dapat digunakan untuk memperoleh pemahaman dan meningkatkan kemampuan perusahaan untuk mempersiapkan masa depannya. Dalam hal ini dikhususkan pada divisi penjualan, yang akan diperkuat dengan analisis mengenai tipe kecerdasan penjualan. Tipe kecerdasan penjualan adalah kecerdasan indrawi, intuitif, logis, verbal, spasial, personal, musikal, pikiran-tubuh, masyarakat, teknis, visual, dan kreatif. Didasarkan pada analisis dan pengembangan kecerdasan penjualan tersebut, maka perusahaan akan mendapatkan informasi dan pengetahuan yang lebih dibandingkan pesaing terkait konsumennya. Keunggulan informasi dan pengetahuan tentang konsumen memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk meningkatkan kendali atas informasi, sehingga mampu memposisikan diri lebih baik dari para pesaingnya. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.