Peran Internet Dalam Saluran Komunikasi Pemasaran Produk UMKM

Authors

  • Dianta Hasri Natalius Barus

DOI:

https://doi.org/10.26593/jab.v12i1.2349.%25p

Abstract

Teknologi internet telah membuat sebuah gerbang baru dalam lanskap bisnis di zaman ini. Thomas L. Friedman mengungkapkan bahwa dunia pada saat ini seakan- akan adalah seperti bidang datar, dimana semua orang di dunia dapat berkomunikasi dan berbisnis tanpa terhalang oleh jarak ataupun waktu (The World is Flat, 2005). Bisnis dapat dengan mudah Go International dengan biaya yang sangat murah, dengan hanya membuat sebuah situs web ataupun hanya menggunakan media sosial. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, dengan cara observasi dan wawancara mendalam. Objek penelitian adalah beberapa merek lokal Indonesia yang telah sukses mengadaptasi penjualan via online. Sekitar 60% kon- sumen aktif mereka adalah kelas menengah yang tinggal di daerah perkotaan seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, Makasar, Medan, Bali. Sekitar 70% Pengusaha kreatif mengatakan bahwa online channel akan menjadi platform komunikasi utama dalam pemasaran, dikarenakan kemudahan, dan kemampuan untuk perbandingan dengan produk-produk lain dalam waktu yang singkat. 

Downloads

Published

2017-03-21

Issue

Section

Articles