RANCANGAN SISTEM CRM NOMNOM EATERY MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA MIT 90’s

Authors

  • Triningtyas Elisabeth Putri Gusti Administrasi Bisnis - UNPAR

DOI:

https://doi.org/10.26593/jab.v14i2.3786.%25p

Abstract

Meningkatnya jumlah restoran di Bandung mengakibatkan adanya persaingan yang terjadi dalam hal pelayanan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah restoran sebanyak 645 restoran dari tahun 2012 ke 2014. NomNom Eatery pun ingin memberikan pelayanan terbaik sehingga dapat mempertahankan pelanggan. Mempertahankan pelanggan dapat berdampak pada peningkatan penjualan dengan pembelian kembali. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara membina hubungan baik dengan pelanggan.
Penelitian ini menggunakan metode exploratori dengan pemilik Nomnom eatery. Kerangka kerja MIT 90’s digunakan untuk menganalisa perubahan dari tujuh elemen. BPMN akan menjelaskan tentang proses manajerial dan rancangan sistem CRM usulan yang terdiri dari 3 bagian yaitu identifikasi pelanggan, melacak pembelian sebelumnya, dan otomasi dalam pesanan.
Hasil dari penelitan menemukan bahwa dibutuhkan sistem yang memberikan informasi tentang preferensi pelanggan, yang nantinya digunakan untuk menentukan klasifikasi anggota pelanggan. Berdasarkan umpan balik, pemilik memberikan respon positif terhadap rancangan sistem manajemen hubungan pelanggan, pemesanan pesanan, laporan inventaris, dan pembayaran pesanan, serta sistem ini bisa menjadi salah satu pilihan dalam meningkatkan kualitas pelayanan ke pelangan (bisa meningkatkan penjualan dengan pemesanan kembali).
Kata Kunci : crm, kbs, mit 90’s framework, bpmn

References

Idtesis. (2013, Oktober 13). Retrieved from idtesis.com: https://idtesis.com/preferensi-konsumen-pengertian-dan/

Appian. (2015). Retrieved from www.appian.com: http://www.appian.com/about-bpm/definition-of-a-business-process/

Duniabaca. (2015). Retrieved from duniabaca.com: http://duniabaca.com/pengertian-dan-manfaat-sim-sistem-informasi-manajemen.html

Ten Schools of Thought (Mintzberg). (2015). Retrieved from 12manage.com: http://www.12manage.com/methods_mintzberg_ten_schools_of_thought.html

Abdillah, M. R. (2012). Perancangan Aplikasi Media Pemesanan Makanan dan Minuman Berbasis Platform Mobile Android (Studi Kasus Dapur Runi-Cibubur). Bandung: UNIKOM.

Adelman, L., & Riedel, S. L. (1997). Handbook For Evaluating Knowledge-Based Systems. New York: Springer Science+Business Media.

Al-Jeraisy, D. K. (2008). Consumer Behaviour An Analytical Study. Saudi Arabia : King Fahd National Library Cataloging.

Amstrong, K. (1997). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Baco , S. (2013, April). PERANCANGAN APLIKASI CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) PADA SUNSHINE CAFE. ILTEK, 8.

Buttle, F. (2009). Customer Relationship Management Concept and Technologies. Elsevier Ltd. .

Carter, W. K. (2009). Akuntansi Biaya, Audit, Akuntansi Pajak. Jakarta: Salemba Empat.

Creswell, J. (1994). Research Design: Qualitative and Quantitative Approach . California: Sage Publication.

Dimas. (2013, 11 10). Pengertian SI (Sistem Informasi). Retrieved from Kompasiana: http://www.kompasiana.com/dimasosd/pengertian-si-sistem-informasi_55291077f17e6126268b48b6

Garuda Indonesia. (2016). GarudaMiles . Retrieved from Garudamiles.com: https://garudamiles.com/

Gat. (2015). Sistem Pemesanan Makanan dan Minuman Restoran Berbasis Mobile. Seminar Nasional Informatika 2015.

Gray, C. (2015). SAS. Retrieved from www.sas.com: http://www.sas.com/en_us/insights/marketing/customer-analytics.html

Gunawan, A., Herik, J., Wahdan, M. A., Walle, B. V., & Aulia, A. A. (2012). The Design and Evaluation of a Knowledge-intensive System. ICIBSoS 2012, 2.

Harmon, P. (2003). Business Process Change. Morgan Kaufmann Publishers.

Hoyer, W. D., Maclnnis, D. J., & Pieters, R. (2012). Consumer Behaviour (6th ed.). South-Western Cengage Learning.

Jeffrey, & Gozali, A. (2012). PERANCANGAN SISTEM PEMESANAN DAN LAYANAN RESTORAN MENGGUNAKAN APLIKASI BERBASIS ANDROID.

Kompas Gramedia. (2016). Gramedia Card Info. Retrieved from Kompas Gramedia Value Card: http://www.kgvaluecard.com/card/gramedia/about-us/gramedia-card

Kostojohn, S., Johnson, M., & Paulen, B. (2011). CRM Fundamentals. New York: Springer Science+Business Media .

Krishna, S. (1992). Introduction to Database and Knowledge-base Systems. World Scientific Publishing.

Kumar, S. A., & Suresh, N. (2009). Operations Management. New Delhi: New Age International (P) Ltd., Publisers.

Kurniawati, A. (2015). SOP Penyimpanan Bahan Makanan. Kegiatan Penyimpanan Bahan Makanan.

Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2008). Sistem Informasi Manajemen 2. Jakarta: Salemba Empat.

Lukiastuti, F., & Prasetya, H. (2009). Manajemen Operasi . Jakarta: PT. Buku Kita.

Martin, M. P. (1995). Analysis and Design of Business Information Systems (Vol. Second Edition).

Meredith, J. R., & Shafer, S. M. (2007). Operations Management for MBAs (Vol. 13).

Nijssen, E. J., & Frambach, R. T. (2001). Creating Customer Value Through Strategic Marketing Planning: A Management Approach. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers .

Noel, H. (2009). Basics Marketing 01: Consumer Behaviour. Switzerland: AVA Publishing SA.

Philip, K. (2003). Marketing Management (11 ed.). New Jersey: Prentice Hall Int'l.

Rangkuti, F. (2007). Manajemen Persediaan . Jakarta: Rajawali Pers.

Riyanto. (2014). Publikasi Karya Tulis Widyaiswara BDK Cimahi. Aplikasi Barang Persediaan Berbasis Ms. Excel.

Robert, Y. K. (2011). Studi Kasus; Desain dan Metode. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Rojak, A. (2014). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan E-Menu Berbasis Platform Android Pada Restoran Moca Cafe.

Santoso, L. W., Budhi, G. S., & Herliana. (2011). Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Customer Berbasis Web di Mango Terrace Resto. Scientific Repository.

Siswanto, H. B. (2009). Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Solomon, Elnora, W., & Michael and Stuart, R. (2003). Marketing Real People, Real Choices, Internasional Edition. New Jersey: Prentince Hal.

Stiehl, V. (2013). Process-Driven Applications with BPMN. Waldorf: Springer .

Sugioyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabetha.

Tan, D. S. (1996). Stages in Information Systems Management.

Woodock, N., Stone, M., & Foss, B. (2003). The Customer Management Scorecard: Managing CRM for Profit. Kogan Page Limited.

Downloads

Published

2020-09-23

Issue

Section

Articles