PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA YANG EFEKTIF BAGI PARA IBU RUMAH TANGGA DI DAERAH DAYEUH KOLOT DAN MANGGAHANG, KABUPATEN BANDUNG

Authors

  • Regina Detty Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan, Bandung
  • Istiharini Istiharini Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan, Bandung

Abstract

Tingkat inflasi yang semakin tinggi memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap peningkatan pengeluaran atau biaya di dalam rumah tangga. Peningkatan pengeluaran keluarga ini menjadi masalah yang cukup serius di dalam perekonomian keluarga dan menjadi faktor yang sangat berpengaruh terhadap meningkatnya angka perceraian di Kabupaten Bandung.

 

Kurangnya kesadaran dari Para Ibu bahwa mereka memiliki peran yang sangat luar biasa dalam mengelola keuangan keluarga menyebabkan para ibu memiliki keterbatasan dalam mengelola keuagan. Kurangnya kesadaran ini didukung oleh minimnya pengetahuan dan ketrampilan para ibu dalam mengelola keuangan keluarga.

 

Peran mitra di daerah Kabupaten Bandung yang masih kurang maksimal semakin mendukung kondisi ini semakin serius dan menjadi pertimbangan untuk Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Katolik Parahyangan untuk melakukan pengembangan kepada Para Ibu untuk dapat mengelola keuangan keluarga dengan lebih baik.

 

Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Katolik Parahyangan akhirnya melakukan kegiatan pemberdayaan kepada para ibu dengan mengadakan seminar “Menjadi Ibu yang Cantik” dimana seminar ini memberikan kesadaran terlebih dahulu kepada para ibu bahwa menjadi seorang ibu harus selalu tampil cantik, baik cantik secara fisik, hati, pikiran, dan cantik secara finansial.

 

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan cukup mendapat respon positif dari para ibu di daerah Kabupaten Bandung (Dayeuhkolot, Manggahang, Banjaran) dan mereka berharap bahwa kegiatan ini dapat dilakukan secara terus menerus dan benar-benar meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dari para ibu dalam mengelola keuangan dengan lebih baik.

Downloads

Issue

Section

Articles