Peranan Modal Dari Keluarga Pada 3 UKM di Bandung

Authors

  • Inge Barlian Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan, Bandung
  • Budiana Gomulia Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan, Bandung
  • Elvy Maria Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan, Bandung

Abstract

Usaha kecil dan menengah menjadi bagian terbesar dari dunia usaha di Indonesia ,  yang telah  terbukti mampu bertahan selama masa krisis, tahun 1997-1998 dan tahun 2008. Usaha skala kecil dan menengah ini (UKM) memiliki peran penting terhadap perkembangan ekonomi, menyerap jumlah tenaga kerja yang banyak memberikan kontribusi terhadap GDP. Ada suatu fakta yang belum cukup  dipahami , bahwa berdirinya usaha skala kecil dan menengah umumnya dimulai dengan melibatkan anggota keluarga atau tidak langsung  mendapat dukungan dan bantuan keluarga .

 

Penelitian ini difokuskan untuk menemukan   peran  modal  yang diberikan oleh keluarga pada saat pendirian usaha dan dalam perkembangannya,  baik modal yang  berupa uang dan finansial (harta tetap atau harta lancar), maupun yang bersifat nilai-nilai (family capital), dan emosi-waktu-perhatian (psychological capital) , dsb .

 

Penelitian dilaksanakan dengan metode kualitatif yakni Multi Case Studies. Tiga UKM  di Bandung  dipilih sebagai obyek penelitian.  Teknik wawancara dan observasi digunakan saling melengkapi   . Hasil transkrip wawancara dikategorisasi (coding) sesuai tema penelitian. Teori modal Bourdieu (1996) digunakan untuk menganalisis dan untuk mendapatkan pemaknaan dari temuan.

 

Temuan menunjukkan bahwa modal ekonomi bukanlah satu-satunya faktor yang berperan dalam memulai dan mengembangkan usaha dalam 3 kasus ini.  Ada  modal yang lain yaitu modal budaya dan modal sosial yang punya peran penting  terhadap awal dan  kelangsungan usaha. Modal simbolik dapat  dibangun dari   modal budaya  sejalan dengan berjalannya usaha dalam  jangka waktu yang cukup   lama.

 

Kata-kata Kunci : modal ekonomi, modal budaya, modal sosial, modal simbolik

Downloads

Issue

Section

Articles