PENYERAPAN PUBLIK TERHADAP PESAN-PESAN DALAM KOMUNIKASI POLITIK PARA KANDIDAT PRESIDEN & WAKIL PRESIDEN PADA PEMILIHAN PRESIDEN 2009 STUDI KASUS KOTA JAKARTA PUSAT DAN KABUPATEN GARUT

Authors

  • Aknolt Kristian Pakpahan Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Katolik Parahyangan, Bandung
  • Arie I. Chandra Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Katolik Parahyangan, Bandung

Abstract

Perubahan pada politik Indonesia telah memberi jalan pada kebebasan pers dan media yang kini mengambil peran yang cukup besar dalam pemberian dampak pada persepsi publik. Media - yang kini menjadi alat komunikasi antar pemerintah dan masyarakat - merupakan sarana yang penting dalam ajang pemilihan umum (Pemilu) 2009. Di tahun 2009, masyarakat Indonesia diberi pilihan tiga kandidat presiden dan wakil presiden untuk periode 2009 – 2014 yaitu: Megawati Soekarnoputri – Prabowo, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) – Boediono, dan Jusuf Kalla – Wiranto. Ketiga kandidat tersebut memiliki visi dan misi yang berbeda untuk ditawarkan kepada masyarakat Indonesia untuk kepemimpinan 2009-2014.
Untuk mengetahui kuatnya peran media dalam mempengaruhi pilihan rakyat pada Pemilu 2009 maka peneliti menggunakan data gathering berupa survei dan interview. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei – Agustus 2009 di Kotamadya Jakarta Pusat dan Kabupaten Garut dengan mengambil sampel 400 responden. Terdapat sekurangnya 13 pertanyaan (ditambah dengan 14 pertanyaan terperinci) untuk menggali bagaimana hubungan antara media dengan pilihan kandidat presiden dan wakil presiden. Data yang diperoleh dari hasil survey menunjukkan bahwa peran media sedikit banyak membantu penyebaran visi dan misi masing-masing kandidat. Sarana media tidak memberikan banyak bantuan (keuntungan) bagi para kandidat dikarenakan sudah terkotak-kotaknya para reswponden yang disurvei. Sebagian besar responden yang di survei, baik di wilayah Kotamadya Jakarta Pusat dan Kabupaten Garut, merupakan pendukung dari kandidat SBY dan Boediono. Sehingga hasil penelitian menunjukkan apapun sarana media yang digunakan, terlihat persentase terbesar ada di kandidat SBY – Boediono. Hasil penelitian ini juga bisa dikatakan selaras dengan kenyataan di lapangan, dimana pasangan SBY – Boediono menjadi pemenang pada Pemilu Pilpres 2009.

Issue

Section

Articles