Pelatihan Pencatatan Keuangan UMKM-Fashion di Kota Cimahi (Kasus UMKM Sweet Batik)

Authors

  • Urip Santoso Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Katolik Parahyangan, Bandung
  • Maria Widyarini Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Katolik Parahyangan, Bandung

Abstract

Pelatihan pencatatan keuangan UKM-Fashion di Kota Cimahi ini bertujuan untuk melatih UKM dalam mempersiapkan dan selanjutnya membuat laporan keuangan. Laporan keuangan sangat diperlukan karena untuk tujuan pengambilan keputusan baik bagi pengelola UKM sendiri maupun untuk pihak luar UKM.

Metode pelaksanaan pengabdian yang dilakukan adalah dengan cara mengadakan Penyuluhan, Pendampingan, Pelatihan Manajemen Usaha, Pelatihan Administrasi sampai dengan penyusunan laporan-laporan dan laporan keuangan. Adapun tujuan akhir dari kegiatan pengabdian ini adalah tersusunnya laporan keuangan Mitra kerja.

Pada kegiatan pengabdian ini telah selesai disusun dilaksanakan berbagai kegiatan dan pencatatan yaitu Mengenalkan konsep akuntansi dan hasil dari kegiatan akuntansi; Membuat Buku Kas; Membuat Buku Bank; Membuat Kartu Stok/Persediaan; Membuat Laporan Stok/Persediaan; Mengelompokkan biaya perusahaan; Mengajarkan perhitungan harga pokok; Mengajarkan menyusun Laporan Keuangan. Dari laporan keuangan neraca yang telah tersusun dapat dijadikan awal untuk pembuatan laporan keuangan berikutnya.

Dari pelatihan dan pendampingan, ternyata bahwa pelatihan yang telah dilaksanakan benar-benar dibutuhkan oleh UKM Mitra Kerja, bahkan mitra kerja mengharapkan adanya tindak lanjut atas kegiatan yang sudah dilaksanakan. Hal ini diperlukan karena adanya kepentingan UKM Mitra untuk mengembangkan usahanya, sehingga diperlukan pengembangan pengetahuan, baik dibidang pencatatan khususnya maupun bisnis pada umumnya.

 

Downloads

Issue

Section

Articles