KETERKAITAN KEBIASAAN MAHASISWA MENGGUNAKAN MOBIL KE KAMPUS DENGAN KARAKTERISTIK DEMOGRAFI, EKONOMI, DAN PERJALANAN MAHASISWA KE KAMPUS

Authors

  • Rudy Setiawan
  • Wimpy Santosa
  • Ade Sjafruddin

DOI:

https://doi.org/10.26593/jtrans.v14i3.1511.%25p

Abstract

Abstract

 

The most common daily trips for university students are the commuting trips to campus. Although there are clear environmental, economic, and social drawback from using private vehicles for these trips, students still choose private vehicles to get to campus. This study discusses the relationship between students' car use habit with a variety of demographic, economic, and trip characteristics. This study is expected to provide benefits in the design of campus transportation policies to reduce trips to the campus by cars. The results indicate that there are relationship between the habit of using a car to campus with gender and the city of residence. In addition, there is a significant relationship between the students' car use habit with campus, years of study, the distance from residence, residence status, car ownership, frequency of trips to the campus per day, car accessibility, and car usage behavior in the previous semester.

 

Keywords: car usage, trips to campus, car ownership, frequency of trips

 

 

Abstrak

 

Pola perjalanan yang rutin dilakukan oleh mahasiswa adalah dari tempat tinggal ke kampus dan sebaliknya. Meskipun dampak negatif penggunaan mobil untuk perjalanan ke kampus telah diketahui, namun mahasiswa tetap lebih memilih menggunakan mobil ke kampus. Studi ini membahas keterkaitan antara kebiasaan mahasiswa menggunakan mobil ke kampus dengan berbagai karakteristik demografi, ekonomi, dan perjalanan ke kampus. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam perancangan kebijakan transportasi kampus untuk mengurangi perjalanan ke kampus dengan menggunakan mobil. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa terdapat keterkaitan antara kebiasaan mahasiswa menggunakan mobil ke kampus dengan jenis kelamin dan kota tempat tinggal. Selain itu, terdapat keterkaitan yang signifikan antara kebiasaan mahasiswa menggunakan mobil ke kampus dengan kampus, tahun studi, jarak tempat tinggal, status tempat tinggal, kepemilikan mobil, frekuensi perjalanan ke kampus per hari, kemudahan akses terhadap mobil, dan perilaku penggunaan mobil pada semester sebelumnya.

 

Kata-kata kunci: penggunaan mobil, perjalanan ke kampus, kepemilikan mobil, frekuensi perjalanan

Downloads

Issue

Section

Articles