Publication Ethics

Untuk Penulis Artikel

Untuk mencegah terjadinya pelanggaran etika dalam publikasi jurnal ini, penulis wajib mematuhi kebijakan etika umum dalam publikasi akademik. Penulis wajib memastikan bahwa naskahnya belum pernah diterbitkan dan/atau diserahkan ke jurnal lain untuk dipublikasikan. Penulis juga wajib menggunakan cara mengutip yang tepat (misalnya Gaya Chicago). Jurnal Transportasi tidak mentolerir segala jenis plagiarisme dan pemalsuan penelitian.

Saat diterbitkan oleh Jurnal Transportasi, hak cipta manuskrip menjadi milik Jurnal Transportasi. Bila penulis ingin menarik artikel yang dikirim, penulis harus memberi tahu Jurnal Transportasi paling lambat dua bulan sebelum jurnal diterbitkan.

 

 

Untuk Dewan Redaksi (Penyunting Pelaksana)

Dewan Redaksi Jurnal Transportasi bertanggung jawab atas semua naskah yang sudah diterbitkan dan yang akan diterbitkan dalam setiap edisi. Dewan Redaksi juga bertanggung jawab untuk memutuskan naskah yang akan diterbitkan dalam setiap edisi, berdasarkan masukan dari mitra bebestari. Dewan Redaksi harus memastikan adanya kesempatan yang sama dan tidak membuat keputusan yang diskriminatif berdasarkan aspek-aspek gender, kebangsaan, agama, suku, dan politik.

Dewan Redaksi harus memastikan bahwa artikel yang diterbitkan telah melalui proses penilaian yang adil serta memastikan bahwa identitas penulis tidak diketahui oleh reviewer dan sebaliknya. Naskah tidak boleh didiskusikan dengan pihak luar tanpa izin dari Ketua Dewan Redaksi. Dewan Redaksi tidak diperbolehkan menggunakan manuskrip apa pun untuk keuntungan pribadi tanpa izin penulis.

 

 

Untuk Reviewer

Reviewer akan menerima naskah tanpa identitas penulis untuk memastikan bahwa proses peninjauan berjalan adil. Reviewer juga harus memastikan anonimitas proses dan membuat penilaian naskah yang adil dan obyektif dengan argumen dan penjelasan yang jelas. Setiap keputusan pada naskah, apakah akan diterbitkan, direvisi, atau ditolak didasarkan pada evaluasi reviewer.