Rancangan Blueprint Alat Cetak Kue Balok yang Ergonomis dengan Metode Ergonomic Function Deployment (EFD)

Gita Permata Liansari, Dwi Novirani, Rifqi Nanda Subagja

Abstract


Kue balok merupakan makanan ringan tradisional yang saat ini menjadi kegemaran bagi masyarakat kota Bandung. Semakin tinggi permintaan konsumen terhadap kue balok, akan mengakibatkan produsen kue balok semakin sering berinteraksi terhadap alat cetak kue balok. Namun ternyata alat cetak kue balok yang digunakan oleh produsen kue balok saat ini merupakan alat cetak kue balok yang belum mempertimbangkan aspek ergonomis ENASE (Efektif, Nyaman, Aman, Sehat, dan Efisien). Beberapa masalah yang dialami oleh produsen kue balok saat menggunakan alat cetak kue balok saat ini, diantaranya: pinggang dan punggung sakit karena terlalu sering membungkuk, panas yang berasal dari arang sebagai bahan bakar alat cetak kue balok langsung memapar tubuh produsen, tidak adanya bahan isolator pada pegangan alat cetak kue balok, dll. Masalah ini akan berisiko terhadap keselamatan para produsen alat cetak kue balok, bila semakin sering berinteraksi dengan alat cetak kue balok saat ini tersebut. Jika semakin sering produsen kue balok berinteraksi, maka akan semakin tinggi pula kemungkinan masalah-masalah tersebut dirasakan oleh produsen. Oleh sebab itu dalam penelitian ini dilakukan perancangan alat cetak kue balok dengan menggunakan metode EFD (Ergonomic Function Deployment). Dalam metode ini perancangan produk dilakukan dengan mempertimbangkan aspek-aspek ergonomis ENASE

Full Text:

PDF

References


Ariani, D. W., M. Ali. 2002. Manajemen Kualitas: Pendekatan Sisi Kualitatif. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional, Yogyakarta.

Cohen , L. 1995. Quality Function Deployment: How To Make QFD Work For You. Addison Wesley

Marimin, 2004. Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. Grasindo. Jakarta.

Rampersad, Hubert K. 2006. Total Performance Scorecard. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Ulrich, K.T., S. D. Eppinger, 2001. Product Design and Development, 2nd edition. Singapore. Mc Graw Hill.

Wibowo, D.P. 2010. Perancangan Ulang Desain Kursi Penumpang Mobil Land Rover yang ERgonomis dengan Metode Ergonomic Function Deployment (EFD). Tugas Akhir. Teknik Industri. Universitas Pembangunan Nasional. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View JRSI Stats