Peluasan Rentang Suhu Thermochromic Liquid Crystal sebagai Peluang untuk Aplikasi Penderita Neropati Diabetik

Authors

  • Flaviana Flaviana Jurusan Ilmu Fisika, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Universitas Katolik Parahyangan, Bandung
  • Risti Suryantari Jurusan Ilmu Fisika, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Universitas Katolik Parahyangan, Bandung
  • Aloysius Rusli Jurusan Ilmu Fisika, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Universitas Katolik Parahyangan, Bandung

Abstract

Temperatur merupakan salah satu parameter penting yang merepresentasikan kondisi kesehatan tubuh manusia. Pengukuran secara konvensional belum sepenuhnya akurat, ringkas dan tepat, maka diperlukan material Thermochromic Liquid Crystal (TLC) yang berdasarkan karakteristik susunan molekulnya, memiliki respon terhadap perubahan temperatur lokal yang ditunjukkan dengan perubahan warna.
Tujuan penelitian ini adalah melakukan dan mempelajari penerapan sistem pengukuran distribusi temperatur berbasis TLC pada sejumlah subyek telapak tangan manusia. Manfaat penelitian ini adalah bahwa hasil pemetaan temperatur terhadap sejumlah subyek tersebut memberikan peluang aplikasi terhadap penderita Diabetes Melitus yang mengalami komplikasi kronis dengan gejala berupa ulkus/borok yang tidak sembuh-sembuh pada kaki atau tangan. Metode penelitian yang digunakan ialah menggunakan sistem berbasis pada penelitian Flaviana tahun 2012 dan spesifikasi alat untuk pengambilan citra yang dilengkapi dengan perangkat keras dan lunak serta metode pengolahan citra, dengan mengambil citra kanal hue sebagai parameter, melalui operasi morfologi matematika.

Kata kunci : pengukuran distribusi temperatur, Diabetes Melitus, Thermochromic Liquid Crystal, morfologi matematika, citra kanal hue.

  

Author Biographies

Flaviana Flaviana, Jurusan Ilmu Fisika, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Universitas Katolik Parahyangan, Bandung


  

Risti Suryantari, Jurusan Ilmu Fisika, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Universitas Katolik Parahyangan, Bandung


  

Aloysius Rusli, Jurusan Ilmu Fisika, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Universitas Katolik Parahyangan, Bandung

  

Downloads

Issue

Section

Articles