Pengembangan Teknik Termografi sebagai Aplikasi pada Penderita Neuropati Diabetik

Authors

  • Flaviana Flaviana Jurusan Fisika, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Universitas Katolik Parahyangan, Bandung
  • Risti Suryantari Jurusan Fisika, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Universitas Katolik Parahyangan, Bandung

Abstract

Neuropati Diabetik merupakan salah satu komplikasi yang sering muncul pada penderita diabetes dengan gejala sering munculnya ulkus pada kaki yang cukup sulit ditangani melalui terapi konvensional serta beresiko terburuk yaitu amputasi pada tungkai bawah tubuh. Salah satu metode yang cukup efektif dalam mengurangi kemungkinan terjadinya komplikasi kaki melalui beberapa penelitian sebelumnya adalah dengan melakukan monitorisasi pada temperatur kulit, atau secara khusus dikenal dengan teknik termografi.
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi klinis mengenai kondisi penderita komplikasi kaki neuropati diabetik serta perkembangan teknik termografi dan teknik pengolahan citra dalam mengatasi masalah terkait. Dua metode utama yang dibahas dalam penelitian ini adalah menggunakan kamera termal inframerah dan Thermochromic Liquid Crystal. Manfaat penelitian ini adalah memberikan informasi, gagasan dan perspektif baru terkait dengan strategi pencegahan dan penanggulangan faktor resiko Diabetes Mellitus, khususnya untuk komplikasi kaki pada penderita neuropati diabetik, melalui teknik termografi. Metode penelitian yang digunakan adalah melalui studi pustaka.

Kata kunci : Neuropati Diabetik, teknik termografi, pengolahan citra, kamera termal inframerah, Thermochromic Liquid Crystal.

Downloads

Published

2016-02-04

Issue

Section

Articles