PENGAJARAN OPTIKA MODERN UNTUK MAHASISWA FISIKA

Authors

  • Elok Fidiani Program Studi Fisika, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains, Universitas Katolik Parahyangan, Bandung
  • Risti Suryantari Program Studi Fisika, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains, Universitas Katolik Parahyangan, Bandung

Abstract

Ilmu optik terus mengalami perkembangan seiring dengan ditemukannya konsep kelajuan
cahaya yang konstan dan fisika kuantum. Awalnya pembelajaran optika terbatas dalam
konsep cermin, lensa, alat optik, namun kemudian berkembang sejak lahirnya fisika
modern hingga penemuan laser optik, disebut optika modern. Telah dilakukan penelitian
terhadap mahasiswa fisika yang pernah dan sedang mengambil mata kuliah optika
modern mengenai minat dan masukan mereka terhadap perkuliahan optika modern
melalui kuisioner. Sebanyak 10% menyatakan sangat tertarik, 20% menyatakan tertarik
dan 40% cukup tertarik dan 40% menyatakan tidak tertarik. Kurangnya minat mahasiswa
terhadap perkuliahan optika modern ini mempengaruhi nilai rata-rata kelas yang kurang
setiap tahunnya padahal mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib untuk mahasiswa Fisika
pada tahun ke-3. Namun dalam kuisioner, beberapa mahasiswa memberi usulan tentang
perkuliahan optika modern diantaranya menambahkan kegiatan eksperimen ataupun
simulasi dengan komputer. Sebanyak 90% mahasiswa mengusulkan adanya kegiatan
eksperimen atau laboratorium, selebihnya simulasi dengan komputer. Hal ini
menunjukkan perlunya dilakukan pengembangan perkuliahan mengingat perkembangan
ilmu optik yang semakin pesat dan terkait dengan teknologi terkini. Berdasarkan
pendapat dari mahasiswa dan perkembangan ilmu pengetahuan terkini, telah disusun
prioritas materi dalam satuan acara perkuliahan dan pengembangan metode perkuliahan
dengan memasukkan unsur kegiatan eksperimen, seperti eksperimen sederhana dan
simulasi.
Kata kunci : optik, optika modern, metode perkuliahan

Downloads

Issue

Section

Articles