PERENCANAAN FASILITAS SOSIAL DAN PENDIDIKAN PROPINSI NUSA TENGGARA TIMUR

Authors

  • Rahadhian Prajudi Herwindo Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik Universitas Katolik Parahyangan, Bandung

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan memberikan bantuan keahlian teknis dalam bidang perencanaan tapak dan perancangan arsitektur bagi mitra kegiatan. Bantuan teknis ini berbentuk pemrograman fungsi dan perencanaan tata letaknya pada lahan. Perencanaan tersebut didukung pula dengan rancangan fisik untuk mewadahi fasilitas layanan pendidikan dan sosial bagi mitra kegiatan sebagai bantuan teknis
Metode yang digunakan adalah pengumpulan data melalui survey, diskusi, studi literatur dan referensi, yang dilanjutkan dengan perencanaan tapak, pemrograman fungsi dan perancangan arsitektur sesuai dengan kaidah keteknikan dan standard kerja profesi arsitek. Pendekatan akan berangkat dari data tentang kebutuhan fungsi dan ruang, besaran atau batasan dan karakteristik alamiah tapak yang dipilih, serta latar belakang budaya masyarakat di daerah di mana tapak berada.
Selanjutnya dilakukan analisis terhadap data- data primer dengan menggunakan data sekunder (studi tipologi, referensi, standard teknis, dan lain-lain) sebagai pelengkap atau pembanding. Sintesa dituangkan dalam bentuk rencana perletakan sirkulasi, fungsi dan massa bangunan serta rancangan arsitektur bagi tiap bangunan atau fasilitas yang diperlukan.

Downloads

Published

2016-02-04

Issue

Section

Articles