PEMODELAN SUDOKU SEBAGAI BLOCK WORLD PROBLEM

Authors

  • Cecilia E Nugraheni Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Infromasi dan Sains Universitas Katolik Parahyangan
  • Luciana Abednego Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Infromasi dan Sains Universitas Katolik Parahyangan

Abstract

Sudoku adalah sejenis teka-teki logika yang tujuan akhirnya adalah mengisikan angka-angka 1
sampai dengan 9 ke dalam suatu kotak berukuran 9×9. Kotak ini memiliki 9 sub-kotak berukuran
3 × 3. Syarat teka-teki ini adalah tidak ada angka yang berulang pada setiap baris, kolom,
atau sub-kotak. Teka-teki Sudoku termasuk ke dalam permasalahan kombinatorial (NP complete).
Solusi untuk teka-teki ini dapat dicari dengan bermacam-macam cara seperti algoritma
genetik [4], heuristik [1], dan sebagainya. Pada penelitian ini, teka-teki Sudoku akan dicoba
dipecahkan dengan memodelkannya sebagai block-world problem. Pada block-world problem,
terdapat sejumlah balok pada meja dengan susunan tertentu. Balok-balok tersebut kemudian
diubah susunannya menjadi susunan balok akhir dengan bantuan dua jenis robot. Hasil dari
penelitian ini berupa spesifikasi formal dari model Sudoku sebagai block-world problem yang
ditulis dalam notasi Temporal Logic of Actions (TLA).

Downloads

Issue

Section

Articles