PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PROGRAM IbM KOMUNITAS IBU BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Livia Owen Jurusan Matematika, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Universitas Katolik Parahyangan
  • Agus Sukmana Jurusan Matematika, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Universitas Katolik Parahyangan
  • Benny Yong Jurusan Matematika, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Universitas Katolik Parahyangan
  • Ivonne Martin Jurusan Matematika, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Universitas Katolik Parahyangan
  • Liem Chin Jurusan Matematika, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Universitas Katolik Parahyangan
  • Taufik Limansyah Jurusan Matematika, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Universitas Katolik Parahyangan

Abstract

Penelitian ini merupakan salah satu tahapan dari program pengabdian masyarakat yang
dilaksanakan oleh kelompok dosen dan mahasiswa jurusan Matematika UNPAR.
Program ini berupa pelatihan dan pendampingan bagi komunitas ibu untuk belajar
Matematika. Merujuk pada hasil PISA (Programme for International Student Assessment)
tahun 2009 bahwa kemampuan siswa Indonesia pada umumnya buruk dalam
menyelesaikan masalah Matematika. Kebanyakan siswa berpandangan bahwa
Matematika sulit untuk dipelajari dan kurangnya dukungan orang tua untuk membantu
siswa belajar. Berdasarkan kondisi tersebut, kami merancang program untuk membantu
pihak sekolah untuk memberdayakan para Ibu siswa supaya mereka dapat membantu
putra-putrinya untuk belajar Matematika. Tujuan tersebut dapat dicapai bila terjalin
kerjasama yang harmonis dan berkesinambungan antara tiga pihak yaitu: sekolah-­‐orang
tua-­‐siswa. Bentuk program adalah pendampingan dan pelatihan kepada para ibu sambil
menunggu putra-putri mereka mengikuti kegiatan belajar di sekolah. Tujuan penelitian ini
adalah menyiapkan buku ajar Matematika untuk pelatihan dan pendampingan. Langkah
penelitian yang telah dilaksanakan adalah survei kebutuhan, menyusun kerangka dan
membuat draf modul, uji validitas dari pakar, revisi, dan modul final. Hasil penelitian
berupa bahan ajar yang terdiri dari 40 topik-topik esensial dalam Kurikulum Matematika
sekolah dasar. Struktur bahan ajar untuk setiap topik dimulai dengan konsep, contoh soal,
latihan, pembahasan, dan kunci jawaban. Buku ajar tersebut siap digunakan untuk
program tersebut.

Downloads

Issue

Section

Articles