BUDAYA TEKTONIK TAMKESI TIMOR TENGAH, NUSA TENGGARA TIMUR

Authors

  • Yenny Gunawan Jurusan Arstiektur, Fakultas Teknik Universitas Katolik Parahyangan, Bandung
  • Emanuel Agung W Jurusan Arstiektur, Fakultas Teknik Universitas Katolik Parahyangan, Bandung

Abstract

Dalam dunia arsitektur Indonesia, budaya tektonik belum banyak ditelaah. Kata arsitektur berasal dari kata archi (master atau chief) dan tekton (kata benda), yang berarti tukang kayu (carpenter) atau builder. Sebagai koresponden kata benda tekton adalah kata kerja tektainomai yang mengacu pada the craft of carpentry and the use of axe (Frampton, Kenneth). Dari kata kerja inilah, peran builder berkembang dan muncullah istilah architekton atau master builder. Dengan demikian, kata tektonik terkait tidak hanya pada konstruksi, tetapi juga pada seni: tektonik adalah ‘the art of joining’. Jadi tektonik tidak hanya terkait pada produknya, tetapi juga prosesnya.
Oleh karena itu, pada kesempatan ini, penelitian akan terfokus pada proses pembangunan sonaf (istana) kaisar di desa adat Tamkesi yang akan dibangun pada tahun ini. Kejadian ini mungkin hanya terjadi dalam 50 tahun sekali. Desa ini dipilih karena desa ini masih cukup jauh dari pasar terdekat (2 jam memakai mobil). Oleh karena itu, keaslian desa ini masih terjaga. Mereka juga masih mempunyai sistem sosial yang terkait pada sistem pembangunan sonaf tersebut. Di sana, terdapat 2 (dua) suku yang bertanggungjawab untuk membangun sebuah bangunan adat. Dua suku tersebut adalah suku Paisannanu dan Belsikone. Dua suku ini dapat dipandang sebagai tukang atau master builder-nya. Oleh karena itu, penelaahan tektonik sebagai the art of joining dari proses pembangunan istana / sonaf tersebut dipandang tepat.
Penelitian ini akan dibagi menjadi tiga bagian: bagian pertama, studi di lapangan yang terdiri dari 2 tahap: dokumentasi proses pembangunan sonaf kaisar di desa Tamkesi dan interview dengan 2 tetua dari suku Paisannanu dan Belsikone yang merupakan 2 suku yang bertugas untuk membangun. Bagian kedua, studi literatur mengenai budaya tektonik, terutama dari buku Kenneth Frampton yang berjudul Studies on Tectonic Culture. Studi literatur ini akan berfungsi sebagai pembanding budaya tektonik yang didapat dari lapangan. Bagian terakhir, analisa dan rumusan budaya tektonik masyarakat Tamkesi.
Kata Kunci: budaya tektonik, Tamkesi.

Downloads

Issue

Section

Articles