Prosiding Seminar Nasional Riset dan Teknologi Terapan (Ritektra)

Seminar Nasional Riset dan Teknologi Terapan (Ritektra) tahun 2021 merupakan penyelenggaraan ke X sejak dilaksanakan pertama kali pada tahun 2010. Kegiatan ini diselenggarakan bersama oleh Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Sains dan Teknologi di lingkungan perguruan tinggi yang tergabung dalam Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik (APTIK). 

Tema umum kegiatan Semnas Ritektra X adalah Menuju Society 5.0: Teknologi Cerdas yang Berpusat pada Manusia. Bagi peserta pemakalah, tema tersebut selanjutnya dibagi dalam beberapa subtema yaitu:

  1. Bidang Ilmu Rekayasa/Teknik (Teknik Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Elektro)
  2. Bidang Ilmu Sains Formal (Informatika, Sistem Informasi, Matematika, Fisika)
  3. Bidang Ilmu Ekonomi dan Bisnis (Akuntansi, Manajemen, dan sebagainya)
  4. Bidang Ilmu Kesehatan
  5. Bidang Ilmu Pendidikan

Kegiatan ini bertujuan untuk:

  1. berbagi pengalaman dan penelitian dalam pengembangan ilmu pengetahuan, rekayasa dan teknologi terapan,
  2. mendorong terjalinnya interaksi dan tumbuhnya jaringan komunikasi kerjasama dan kemitraan, baik antara akademisi, pemerintah, industri dan masyarakat, guna menghasilkan rekayasa dan inovasi teknologi yang mendukung dalam menuju Society 5.0,
  3. memberikan kontribusi kepada masyarakat terkait dengan rekayasa dan inovasi teknologi yang mendukung dalam menuju Society 5.0, dan
  4. memperkuat jejaring kerjasama perguruan tinggi di lingkungan Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik.