EFEKTIVITAS SIRKULASI PEJALAN KAKI TERHADAP PENCAPAIAN APARTEMEN BRAGA CITY WALK

Authors

  • Willy Atmaja Alumnus S1 Jurusan Arsitektur Universitas Katolik Parahyangan
  • Vina Agustina Royana Mahasiswí S1 Jurusan Arsitektur Universítas Katolik Parahyangan

Abstract

Abstract

These days the needs of housings and dwellings grow very high. Every year many housings and dwellings are planned and built in downtown area, urban area and even in villages. For unfolding time, human never felt satisfied with their ordinary places for living and tried new ideas for their houses that can fill all of their needs.

The idea is a new concept for human space in one area with mixed use function. In this area human can get their needs daily, even for relaxing time, They can get all of this need just near their housing/ dwellings.

There are differences of need from each functions in one building can be caused new problems. Problems that can be infected each function especially for circulation where as any functions have their needs on their own with many ways.

The effectivity of the circulation for this research is measured from length, duration for walking from one function to the entrance of apartment, activities, capacity and density on the path that the circulation might have.

The conclusion for the circulation research is telling us ineffectively in entrance positions every function caused intervention for each functions.

Keywords: effectivity, pedestrian circulation, Braga City Walk

Abstrak

Dewasa ini tuntutan akan perumahan dan permukiman di Indonesia meningkat sangat pesat. Perumahan dan permukíman baru didirikan setiap tahunnya baik di daerah perkotaan maupun di pedesaan guna memenuhi kebutuhan tersebut. Dalam perkembangannya manusia merasa tidak cukup hanya dengan tempat tinggalnya saja dan mereka mencoba suatu bentukan permukiman baru yang dapat mengakomodir semua kebutuhan tersebut.

Pada masa kini telah hadir sebuah konsep baru dalam hal membangun suatu kawasan, yakni bangunan dengan fungsi mixed-use, dimana kebutuhan manusia akan tempat tinggal, kebutuhan sehari-hari, dan kebutuhan akan rekreasi dapat diperoleh dengan mudah tanpa harus pergi jauh.

Adanya perbedaan kepentingan dari masing-masing fungsi dalam satu bangunan sangat berpotensi untuk melahirkan masalah yang akan saling mempengaruhi satu fungsi dengan fungsi lainnya. Khususnya dalam hal sirkulasi, dimana tiap fungsi memiliki tuntutan yang berbeda-beda.

Efektivitas pada penelitian ini dinilai dari jarak, waktu tempuh yang diperlukan untuk mencapai entrance satu fungsi menuju apartemen. Aktivitas yang dapat ditampung jalur sirkulasí yang digunakan untuk mencapai apartemen, kapasitas dan densitas yan dimiliki oleh satu jalur sirkulasi.

Pada kesimpulannya didapatkan bahwa jalur sirkulasi yang digunakan untuk mencapai apartemen pada kawasan Braga City Walk ini masih kurang efektif. Perletakkan entrance masing-masing fungsi masih kurang baik, sehingga masih sering terjadi intervensi antara satu fungsi dan fungsi yang lainnya.

Kata kunci: efektivitas, sirkulasi pejalan kaki, Braga City Walk

Downloads

Published

2008-07-01

Issue

Section

Articles