KONFIGURASI UNIT HUNIAN DAN TINGKAT PRIVASI VISUAL PADA LIMA APARTEMEN DI JAKARTA

Authors

  • Sophie Lukito Alumna S1 Jurusan Arsitektur Universitas Katolik Parahyangan
  • Christian L. Sanjaya Mahasiswi S1 Jurusan Arsitektur Universitas Katolik Parahyangan

Abstract

Abstract 
                Balancing between the privacy needs and the public interests became an important thing on a vertical housing. Privacy is correlated with the articulation of dwelling units configuration on the Apartment. 
                In this study, there are five Apartments in Jakarta, chosen as the research objects, those are Metro Sunter Apartment, Bumi Mas-Hilltop Apartment, Pavillion Apartment, Parkview Apartrænt, and Semanggi Apartment. 
                The variables in this study include: free distance between buildings; visual distance; height-depth ratio of space between buildings; building orientation and facade opening; and visual interaction in building. 
                The finding of this study is about correlation between dwelling units configuration with the level of visual privacy at those five apartments. 

Keywords: dwelling units configuration, level of privacy, apartment, Jakarta 

Abstrak 
                Keseimbangan antara kebutuhan privasi dan kepentingan publik menjadi sesuatu yang penting dalam perumahan vertikal. Privasi berkaitan dengan artikulasi konfigurasi unit-unit hunian pada apartemen. 
                Pada studi ini ada lima apartemen di Jakarta yang dipilih sebagai obyek penelitian yaitu Apartemen Metro Sunter, Apartemen Bumi Mas-Hilltop, Apartemen Pavilion, Apartemen Parkview, dan Apartemen Semanggi. 
                Variabel pada studi ini mencakup: jarak bebas antar bangunan; jarak jangkauan visual; perbandingan tinggi dan jarak pada ruang antara bangunan; orientasi bangunan dan arah bukaan pada fasad; serta interaksi visual di dalam bangunan. 
                Temuan studi ini adalah tentang hubungan antara konfigurasi unit-unit hunian dengan peringkat privasi visual pada lima apartemen tersebut. 

Kata Kunci: konfigurasi unit hunian, tingkat privasi, apartemen, Jakarta

Published

2007-12-31

Issue

Section

Articles