PENGARUH KARAKTER INDIVIDU TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN FRONTLINER DI BCA KCU SOEKARNO-HATTA BANDUNG

Authors

  • ERICA GRIFFINIA Program Magister Manajemen Universitas Katolik Parahyangan, Bandung

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh karakter individu terhadap prestasi kerja karyawan frontliner di BCA KCU Soekarno-Hatta Bandung. Hal ini dikarenakan, meski semua karyawan frontliner di BCA KCU Soekarno-Hatta Bandung telah dibekali ilmu pengetahuan yang sama, tetapi prestasi kerja yang dihasilkan berbeda-beda serta pencapaian target yang belum stabil. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) karakter individu karyawan frontliner di BCA KCU Soekarno-Hatta Bandung, (2) tingkat prestasi kerja karyawan frontliner di BCA KCU Soekarno-Hatta Bandung, dan (3) pengaruh karakter individu terhadap prestasi kerja karyawan frontliner di BCA KCU Soekarno-Hatta Bandung.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penjelasan (explanatory) dan survey deskriptif, unit analisis dalam penelitian ini adalah para karyawan frontliner di lingkungan BCA KCU Soekarno-Hatta Bandung. Sampel diambil sebanyak 30 orang yang terdiri atas 17 orang Teller dan 13 orang Customer Service Officer (CSO).

Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa karakter individu karyawan frontliner di BCA KCU Soekarno-Hatta Bandung beragam, yaitu karakter agreeableness, openness to experience, conscientiousness, extraversion, dan neuroticism dengan kategori tinggi. Tingkat prestasi kerja karyawan frontliner di BCA KCU Soekarno-Hatta Bandung masih di bawah standar yang telah ditetapkan oleh pihak BCA KCU Soekarno-Hatta Bandung. Adapun pengaruh karakter individu terhadap prestasi karyawan frontliner di BCA KCU Soekarno-Hatta Bandung yaitu karakter agreeableness, openness to experience, conscientiousness, dan extraversion dengan skor tinggi berpengaruh positif terhadap prestasi kerja, sedangkan karakter neuroticism berskor tinggi berpengaruh negatif terhadap prestasi kerja karyawan.

Kata Kunci: Karakter Individu, Prestasi Kerja.

Downloads