ANALISIS DEFORMASI TANAH DAN SHEET PILE AKIBAT PEMANCANGAN TIANG PADA TANAH LUNAK

Maryono Maryono

Abstract


Pada dasarnya pemancangan tiang akan merubah struktur tanah dan akan terjadi pembentukan ulang pada tanah disekitarnya. Pada makalah ini akan meninjau sejauh mana efek desakan tanah akibat pemancangan di tanah lunak.

Penelitian  ini dilakukan di daerah Jakarta Utara dimana pada proyek tersebut dilakukan pemancangan kurang lebih 5000 titik pada tanah lunak, dan untuk memonitor  pergerakan horizontal dari tanah dipasang inclino meter sebanyak 3 titik, dan pengukuran pergerakan caping beam pada turap beton. Dalam penelitian ini dilakukan analisis dengan menggunakan program palxis 2D.

Berdasarkan hasil monitoring baik itu  inclino meter maupun caping beam, selama pemancangan telah terjadi pergerakan pada tanah dan dari hasil monitoring tersebut dilakukan perhitungan kemudian dibuat suatu grafik displacement ratio (Rahardjo, 2013) terhadap displacement sehingga dapat diketahui seberapa jauh jarak yang berpengaruh  terhadap suatu bangunan/struktur akibat pemancangan di tanah lunak. Dari hasil perhitungan dan analisis dengan menggunakan program plaxis dapat disimpulkan bahwa jarak yang berpengaruh akibat pemancangan ditentukan oleh urutan dari pemancangan itu sendiri.

Kata kunci : pemancangan tiang, pergerakan sheet pile, tanah lunak


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.