Perancangan Business Impact Analysis pada Divisi IT PT. X untuk Menentukan Business Continuity Strategy

Authors

  • Fitria Chandrawati Program Magister Management, Fakultas Pascasarjana

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan pada PT. X yang dikhususkan pada divisi IT untuk menghasilkan Business Impact Analysis (BIA) serta menentukan Business Continuity Strategy bagi perusahaan. Potensi bencana yang dihadapi berupa ancaman IT yang disebabkan karena kegagalan media dan disebabkan oleh manusia. Dengan adanya BIA, diharapkan perusahan dapat memperoleh informasi mengenai tingkat prioritas dari proses pemulihan serta mengidentifikasi sumber daya yang diperlukan saat terjadi bencana. Dari hal tersebut maka perusahaan dapat menentukan strategi yang cocok untuk dilakukan pada divisi IT.

Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif pada PT. X. Sedangkan metode penelitian dilakukan dengan metode studi kasus yang nantinya dapat menghasilkan gambaran peristiwa tertentu yaitu proses BIA dan strategi yang akan diambil. Data primer diperoleh melalui hasil wawancara langsung dengan narasumber. Untuk data sekunder diperoleh melalui data internal perusahaan berupa file-file dan sumber bacaan yang relevan dengan topik yang akan diteliti.

Berdasarkan hasil perancangan dan pengolahan data, disimpulkan bahwa dengan perancangan BIA secara garis besar PT. X dapat menilai dampak yang ditimbulkan ketika terjadi bencana yang mempengaruhi proses bisnis dan dapat menentukan strategi yang paling sesuai dengan kondisi divisi IT. Penerapan BIA dan pelaksanaan strategi harus didukung dengan komitmen dan disiplin dari seluruh pihak PT. X.

Kata kunci: Business Impact Analysis, BIA, Business Continuity Strategy, Metode Studi Kasus, Bencana

Abstrak

This research was conducted on PT. X IT division to make Business Impact Analysis (BIA) and determine Business Continuity Strategy. A potential disaster in the form of damages as well as media failure and human beings. With the Business Impact Analysis expected the company to obtain information the level of priority of the recovery process and to identify the necessary resources in time of disaster. The company and find a suitable strategy to do the IT division.

This type of research is a descriptive study and the research method was conducted using case studies which will produce a picture of certain events that BIA and the strategy to be taken. Primary data were obtained through direct interviews with sources. For secondary data obtained through a company’s internal data files and source readings relevant to the topic to be studied.

Based on the result of the design and processing of data, the BIA concluded that the design outline PT. X can assess the impact in the event of a disaster and can determine the most appropriate strategy to the condition of the IT division. Application of BIA and implementation strategies should be supported by the commitment and discipline of all parties PT. X.

Keyword: Business Impact Analysis, BIA, Business Continuity Strategy, Case Study Method, Disaster

Downloads