Author Juni 2016

DATA PENULIS

Budiono Kusumohamidjojo

Memperoleh Sarjana Hukum, dari Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, 1976; Doktor der Philosophie, magna cum laude, dari Bayerische Julius-Maximilians-Universität Würzburg, Würzburg, Jerman, 1982; Penerjemah disumpah, Universitas Indonesia, Jakarta, 1995; Guru Besar untuk Filsafat Hukum pada Fakultas Filsafat UNPAR, SK Mendiknas, 2006; sejak 2010 Senior Adviser pada Centre for European Studies, Universitas Indonesia.

Laurensius Arliman

Lahir di Bukittinggi, 22 April 1990. Mahasiswa Program Doktor Ilmu Hukum pada Pascasarjana Universitas Andalas, dan saat ini berkarya di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Padang dan Peneliti di Lembaga Anti Korupsi Integritas. Gelar Sarjana Hukum diperoleh dari Fakultas Hukum Universitas Andalas tahun 2012, Sarjana Ekonomi dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Bangsa tahun 2014 dan memperoleh gelar Magister Kenotariatan (MKn) dari Fakultas Hukum Universitas Andalas tahun 2014. Mata kuliah yang diampu Hukum Tata Negara, Hak Asasi Manusia dan Perlindungan Anak.

Wurianalya Maria Novenanty

Lahir di Ujung Pandang, 25 Mei 1984. Menyelesaikan studi S-1 pada tahun 2006, dan S-2 pada tahun 2008 di Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta. Saat ini menjadi dosen di Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan serta memegang jabatan struktural sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan. Mata kuliah yang diampu adalah Hukum Perdata, Hukum Perbankan dan Surat Berharga, serta Bahasa Indonesia dan Kemahiran Hukum

Herlien Budiono

Lahir di Semarang pada 1 Oktober 1942. Meraih Sarjana Hukum dari Universitas Katolik Parahyangan pada tahun 1966. Menyelesaikan Kandidat Notaris pada Universitas Padjadjaran pada tahun 1970. Mengikuti Summer Course on Private International Law (non degree) pada The Hague Academy of International Law, The Netherlands (1968), dan Pendidikan Reksadana bagi Profesi Penunjang untuk notaris Pasar Modal pada Lembaga Manajemen Keuangan dan Akuntansi (non degree), Jakarta (1997). Doktor dalam bidang Ilmu Hukum diraih pada Faculteit der Rechtsgeleerdheid Universiteit van Leiden, Nederland pada tahun 2001. Menjabat sebagai notaris (1971-2009) dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (1973-2007) di Kota Bandung. Mengajar pada tahun 1966 sebagai asisten dosen almarhum Prof. Wirjono Prodjodikoro, S.H., dan almarhum Prof. R. Subekti, S.H., di Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan, serta menjadi dosen di beberapa perguruan tinggi, seperti Pendidikan Program Spesialis Notariat UNPAD (sekarang Program Studi Magister Kenotariatan Program Pascasarjana UNPAD), Program Studi Magister Kenotariatan Pogram Pascasarjana UBAYA, Fakultas Hukum Universitas Kristen Maranatha, dan Program Studi Magister Kenotariatan Pogram Pascasarjana Universitas Tujuhbelas Agustus, Semarang.

Samuel Hutabarat

Lahir di Palembang, 23 maret 1975. Menyelesaikan S1 dan memperoleh gelar Sarjana Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan pada tahun 1998, memperoleh gelar Magister Ilmu Hukum dari Pasca Sarjana Universitas Katolik Parahyangan Bandung pada tahun 2002.  Kandidat Doktor pada Program Doktoral Ilmu Hukum Pascasarjana Universitas Katolik Parahyangan. Saat ini Dosen tetap pada Fakultas Hukum Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta dengan mengampu mata kuliah Hukum Kontrak Internasional, Hukum Perikatan, Hukum Perdata Internasional dan contract drafting. Dosen bersertifikat berdasarkan Sertifikat dari Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Selain menjadi dosen tetap juga berprofesi sebagai Advokat.

Hassanain Haykal

Lahir di Cianjur, 1 Juli 1979. Menyelesaikan studi S-1 dan memperoleh gelar Sarjana Hukum (S.H.) dari Fakultas Hukum Universitas Pasundan pada tahun 2001, dan gelar Magister Humaniora dari Program Magister Ilmu Hukum Universitas Katolik Parahyangan pada tahun 2004, serta Gelar Doktor dari Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Katolik Parahyangan pada tahun 2007. Saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan II pada Fakultas Hukum Universitas Kristen Maranatha Bandung, selain berprofesi sebagai Advokat. Peserta Program Pendidikan Reguler (PPRA) LV Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Tahun 2016.

Rismawati

Lahir di Bandung, 3 Agustus 1992. Menyelesaikan studi S-1 dan memperoleh gelar Sarjana Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan pada tahun 2014. Saat ini sedang melanjutkan studi pada Program Magister Ilmu Hukum Peminatan Hukum Ekonomi Pascasarjana Universitas Indonesia dan berprofesi sebagai Kader Dosen di Fakultas Hukum Unpar sejak tahun 2015.

Ilmi Vediani

Lahir di Manggar, 13 November 1979. Menyelesaikan studi S-1 dan memperoleh gelar Sarjana Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan Bandung pada tahun 2003. Saat ini sedang melanjutkan studi magister pada Program Magister Ilmu Hukum Pascasarjana Universitas Katolik Parahyangan Bandung.

Ovia Merista

Lahir di Pangkalpinang, 31 Mei 1990. Menyelesaikan studi S-1 dan memperoleh gelar Sarjana Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan pada tahun 2013. Saat ini sedang melanjutkan studi pada Program Magister Ilmu Hukum Pascasarjana Universitas Katolik Parahyangan.

Inda Nurdahniar

Lahir di Bandung, 05 Februari 1992. Menyelesaikan studi S-1 dan memperoleh gelar Sarjana Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan pada tahun 2014. Saat ini sedang melanjutkan studi pada Program Magister Ilmu Hukum Pascasarjana Universitas Katolik Parahyangan.