PROGRAM PEMELIHARAAN JALAN NASIONAL BERDASARKAN NILAI KERATAAN PERMUKAAN, NILAI LENDUTAN, DAN NILAI MODULUS ELASTISITAS PERKERASAN

Authors

  • David Rachmat Prabowo
  • Agus Taufik Mulyono

DOI:

https://doi.org/10.26593/jh.v2i1.2127.%25p

Abstract

Abstract

 

Road can serve its users in accordance with the intended design life if a right road maintenance program is implemented. Preparation of road maintenance activities are necessary to asses the condition of the road pavement, which will be used as the basis for determining the type of maintenance needed. This study aimed to determine the road maintenance program based on the value of pavement roughness, the value of deflection, and the modulus of elasticity. The results showed that the determination of road conditions by combining the functional evaluation method, based on the value of International Roughness Index, and structural evaluation method, based on the value of deflection, is more appropriate and representing the actual conditions in the field.

 

Keywords: pavement condition, road roughness, deflection, road maintenance

 

 

Abstrak

 

Jalan dapat melayani penggunanya sesuai dengan umur desain yang diharapkan jika program pemeliharaan jalan diterapkan dengan benar. Persiapan kegiatan pemeliharaan jalan diperlukan untuk mengetahui kondisi perkerasan, yang akan digunakan sebagai dasar untuk menentukan jenis perawatan yang dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan program dan pemeliharaan jalan, berdasarkan nilai kekesaran perkerasan, nilai lendutan, dan modulus elastisitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penentuan kondisi jalan berdasarkan kombinasi metode evaluasi fungsional, berdasarkan International Roughness Index, dan evaluasi struktural, berdasarkan nilai lendutan, lebih sesuai dan lebih mencerminkan kondisi di lapangan.

 

Kata-kata kunci: kondisi perkerasan, kekasaran jalan, lendutan, pemeliharaan jalan

Downloads

Issue

Section

Articles