PENGARUH JARAK SENSOR LENDUTAN TERHADAP MODULUS RESILIEN TANAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.26593/jh.v5i1.3197.%25pAbstract
Abstract
The back-calculation method is one of the non-destructive methods that has been widely used to determine or to evaluate the structural strength of a pavement that has been loaded by traffic. Evaluation of pavement characteristics should be determined for each layer, from the surface to the subgrade layers. The subgrade layer can be evaluated by its resilient modulus. The resilient modulus of the subgrade can be analysed using procedures and formulas developed by AASHTO in 1993. This study was conducted to see if the AASHTO procedure for determining the subgrade resilience modulus can be applied to all flexible pavements with various combinations of characteristics of pavement layers. This study was also conducted to see the effect of sensor deflection distance from the load center on the results of the analysis of subgrade resilient modulus. The results indicate that the AASHTO (1993) procedure can be used for all types of flexible pavement layers and the deflection sensor distance affects the resilient modulus value obtained.
Keywords: back-calculation, subgrade resilient modulus, flexible pavement, pavement layer
Abstrak
Metode back-calculation merupakan salah satu cara non-destructive yang telah banyak digunakan untuk mengetahui atau melakukan evaluasi terhadap kekuatan struktural suatu perkerasan jalan yang telah dibebani oleh lalu lintas. Evaluasi karakteristik perkerasan perlu ditentukan untuk setiap lapisannya, dari lapisan permukaan perkerasan, hingga lapisan tanah dasarnya. Evaluasi lapis tanah dasar dapat dilakukan dengan mencari nilai modulus resilien tanah dasar. Modulus resilien tanah dasar pada perkerasan lentur dapat dicari dengan menggunakan prosedur dan formula yang dikembangkan oleh AASHTO pada tahun 1993. Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah prosedur penentuan modulus resilien tanah dasar yang dikeluarkan oleh AASHTO pada tahun 1993 tersebut dapat diterapkan untuk semua perkerasan lentur dengan berbagai kombinasi karakteristik lapis perkerasan. Penelitian ini juga dilakukan untuk melihat pengaruh jarak sensor lendutan dari pusat beban terhadap modulus resilien tanah dasar. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa prosedur AASHTO (1993) dapat digunakan untuk semua jenis lapisan perkerasan lentur dan jarak sensor lendutan mempengaruhi nilai modulus resilien yang diperoleh.
Kata-kata kunci: back-calculation, modulus resilien tanah dasar, perkerasan lentur, lapisan perkerasan