Pedoman Penulisan

Pedoman Penulisan Naskah

  1. Naskah harus orisinil (bukan plagiat) dan belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain dan tidak sedang dikirimkan ke jurnal lain (mengisi formulir Author's Declaration). Total persentase kemiripan (similarity report) yang dapat diterima adalah maksimal 25%.
  2. Naskah dibuat  dalam  format  Microsoft  Office  Word 2007 atau lebih baru dan melakukan submission atau pendaftaran naskah melalui Open Journal System (OJS). 
  3. Seluruh bagian naskah (termasuk tabel, gambar, persamaan matematika) dibuat dalam format yang dapat diedit secara fleksibel oleh editor. Redaksi PEDR memiliki hak meminta data yang digunakan dalam gambar untuk keperluan pengeditan.
  4. Naskah harus ditulis sesuai template artikel. Seluruh bagian naskah dibuat di atas kertas berukuran A4, marjin kiri 3 cm, atas 2 cm, kanan 2 cm, bawah 2 cm, diketik dengan huruf Garamond dengan ukuran huruf 11 pts, spasi 1,15, kecuali untuk bagian Judul dan Subjudul serta Abstrak. Paragraf dimulai dari batas kiri dan ditata dengan justified alignment. Total jumlah kata sekitar 5.000-9.000 kata termasuk angka, tabel dan referensi.
  5. Naskah harus ditulis dalam bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. 
  6. Gambar dan tabel ditampilkan dengan penomoran yang diketikkan mengurut untuk seluruh gambar dan tabel tanpa menuliskan nomor bab dengan menggunakan angka Arab. Contoh: Gambar 1, Gambar 2, ..., dst. serta Tabel 1, Tabel 2, ..., dst. Judul untuk Gambar berada di bawah gambar, sedangkan judul untuk Tabel berada di atas tabel. Gambar dan Tabel berwarna hitam putih.
  7. Sistem pengacuan Pustaka, cara pengutipan dan penyusunan Daftar Pustaka menggunakan aplikasi pengutipan standar Mendeley. Gaya selingkung baku menggunakan APA (American   Psychological Association) referencing style. Ketentuan secara lengkap mengenai style tersebut dapat dilihat di situs http://www.apastyle.org/ atau  https://owl.english.purdue.edu/owl/resource/560/01/
  8. Sistematika penulisan:
    1. Judul dan subjudul. Judul merupakan rumusan sangat singkat, informatif, dan menarik dengan tetap menjelaskan isi naskah, dibuat maksimal 14 kata. Judul diketik memusat di tengah dengan huruf Cambria 14 pts. Subjudul diketik rata kiri dengan nomor urut angka Arab dan huruf Cambria 12 pts. Jika ada sub-subjudul, penomoran menggunakan format 1.1, 1.2, ..., dst.
    2. Nama penulis. Nama penulis ditampilkan lengkap tanpa gelar.
    3. Afiliasi/Lembaga. Ditampilkan untuk seluruh penulis.
    4. Berisi alamat email penulis korespondensi. Jika penulis lebih dari satu orang, cukup penulis korespondensinya saja.
    5. Ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, menggunakan huruf Cambria ukuran 11 pts dan  spasi 1, terdiri dari 100-250 kata dan dalam  satu paragraf. Ditulis secara utuh menggambarkan esensi naskah yang memuat latar belakang, metode, hasil, dan kesimpulan, serta tersirat semua kata kunci.
    6. Kata kunci (keywords). Berisi antara 3-10 kata atau frasa yang mewakili topik yang dibahas, ditulis dengan huruf Cambria 11 pts.
    7. Klasifikasi JEL. Berisi 2-3 klasifikasi JEL dua digit yang disesuaikan dengan kata kunci.

Ketentuan secara lengkap mengenai klasifikasi tersebut dapat dilihat di situs https://www.aeaweb.org/econlit/jelCodes.php dan panduannya bisa dilihat di https://www.aeaweb.org/jel/guide/jel.php

  1. Isi artikel. Terdiri atas beberapa subjudul, misalnya (tetapi tidak terbatas pada):
    1. Pendahuluan: ditulis secara efisien dan menggambarkan latar belakang, tujuan, dan pustaka yang mendukung;
    2. Tinjauan Pustaka: Isi Tinjauan Pustaka adalah peninjauan kembali pustaka-pustaka yang terkait. Sumber referensi harus mengandung 80% artikel jurnal, prosiding, atau hasil penelitian dari sepuluh tahun terakhir.
    3. Metode dan data: dituangkan secara memadai sehingga penelitian dimungkinkan untuk dijadikan penelitian lebih lanjut oleh pembaca, terutama hal-hal yang menyangkut model, prosedur, pengambilan dan pengolahan data;
    4. Pembahasan: berisi hasil yang didapat dari proses pengolahan data/analisis fakta berdasarkan metode yang digunakan, ditampilkan dalam bentuk tabel, gambar/grafik yang disertai dengan penjelasan/interpretasi hasil;
    5. Simpulan: yang menggambarkan substansi hasil penelitian yang diperoleh, konsisten dengan tujuan penelitian, dan jika perlu, implikasi kebijakan  yang sesuai dengan hasil penelitian.

Keterangan: penamaan subjudul dapat berbeda, sesuai dengan sifat tulisan; contoh yang digunakan di sini adalah nama subjudul untuk makalah sebagai laporan penelitian)

  1. Daftar pustaka. Wajib  menggunakan  APA  (American  Psychological  Association) referencing style. Jumlah referensi yang digunakan minimal 20 sumber, 80% diantaranya merupakan Pustaka primer yang terbit dalam sepuluh tahun terakhir.

Proses Penerbitan Naskah

  1. Penulis mengunggah naskah sesuai pedoman penulisan dan template PEDR ke OJS. 
  2. Redaksi PEDR akan menelaah (desk-review) naskah untuk menentukan apakah artikel tersebut layak  diteruskan. Hasil desk-review akan menghasilkan tiga kemungkinan: layak diteruskan, layak diteruskan dengan perbaikan, atau tidak  layak diteruskan
  3. Proses telaah (sistem double-blind review) oleh Mitra Bebestari akan dilakukan untuk naskah yang lolos seleksi Redaksi PEDR, untuk menentukan apakah naskah layak diterbitkan, layak diterbitkan dengan perbaikan atau tidak layak diterbitkan. 
  4. Redaksi PEDR akan mengembalikan naskah beserta lembar evaluasi kepada penulis jika ada perbaikan.
  5. Penulis melakukan perbaikan berdasarkan hasil telaah Mitra Bebestari, dan mengunggah kembali naskah yang sudah diperbaiki kepada Redaksi PEDR, dalam waktu paling lambat dua minggu setelah naskah dan hasil evaluasi oleh Mitra Bestari diterima penulis.
  6. Jika diperlukan, Redaksi PEDR akan meneruskan naskah hasil perbaikan kepada Mitra Bebestari untuk mendapatkan persetujuan kelayakan artikel. Pada tahap ini Mitra Bebestari mungkin masih dapat memberikan penilaian tentang kelayakan naskah.
  7. Naskah yang sudah dinyatakan layak terbit oleh Mitra Bebestari akan melalui proses penyuntingan (editing);  dan Redaksi PEDR akan mengirimkan informasi kepada penulis terkait penerbitan.

Catatan: Redaksi PEDR tidak dapat menentukan jangka waktu setiap setiap tahap dalam proses penerbitan sebuah artikel.