PENGARUH KOMUNIKASI DAN KONEKSI PEMASARAN MEDIA SOSIAL DI INSTAGRAM TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN MORIA COFFEE

Authors

  • Gracia Yemima
  • Meidila Anggita Universitas Katolik Parahyangan
  • Wisnu Wardhono

Keywords:

Pemasaran Media Sosial; Instagram; Niat Beli; Kafe

Abstract

Meningkatnya penggunaan media sosial telah memungkinkan para pelaku bisnis untuk terlibat dalam Social Media Marketing, memanfaatkan bisnis untuk berkomunikasi langsung dengan konsumen dan berbagi informasi dengan mudah di platform seperti Instagram. Penelitian ini berfokus pada Moria Coffee Lembang, sebuah kafe lokal yang aktif mempromosikan dirinya di Instagram, fenomena yang muncul dalam penelitian ini adalah engagement rate pada akun Instagram Moria Coffee Lembang hanya mencapai 0,45 persen, yang berarti relatif rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Social Media Marketing di Instagram, khususnya dalam dimensi Communication dan Connection, memengaruhi niat beli pada Moria Coffee Lembang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan purposive sampling, yaitu kepada pengguna internet aktif mencari kafe melalui Instagram, tinggal di Bandung, berusia 18-35 tahun dan biasanya melakukan transaksi baik online maupun offline dan diperoleh 100 responden. Berdasarkan hasil kuesioner, dipaparkan bahwa responden memiliki persepsi negatif terhadap Instagram Moria Coffee Lembang karena kurangnya informasi dan koneksi yang rendah dengan followers, dari sini ditarik kesimpulan penelitian bahwa Communication of Social Media Marketing dan Connection of Social Media Marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat beli.

Downloads

Published

2025-03-10