Pendidikan Literasi Keuangan Siswa SD Menggunakan Game-board “Petualangan Anak Pintar”

Authors

  • Budiana Gomulia Universitas Katolik Parahyangan
  • Vera Intanie Dewi Universitas Katolik Parahyangan
  • Inge Barlian Universitas Katolik Parahyangan

DOI:

https://doi.org/10.26593/sucsj.v1i1.7968.50-66

Keywords:

Siswa SD, Pendidikan Literasi Keuangan, Game board Petualangan Anak Pintar

Abstract

Dalam kurikulum SD sudah terdapat pendidikan ekonomi, hitung keuangan, dan kewirausahaan di dalam pelajaran IPS atau Matematika, sebatas pengetahuan. Namun pendidikan literasi keuangan bagi anak usia dini lebih sesuai dilakukan sebagai upaya pembiasaan/pembudayaan “good habit”. Maka peneliti memandang perlu Pendidikan Literasi Keuangan bagi siswa SD untuk ditambahkan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan dilakukan oleh siswa kelas IV, V, VI di 5 SD Kota Bandung pada periode September-November 2021. Menggunakan game-board “Petualangan Anak Pintar”, permainan monopoli yang mengakomodasi 4 aspek pendidikan literasi keuangan. Selain siswa dapat belajar juga merasakan kegembiraan, di sini mahasiswa pendamping atau guru ikut berinteraksi dalam prosesnya. Kemampuan membaca-menulis-berhitung para siswa yang memadai menjadi prasyarat penting untuk melakukan permainan. Dalam mendukung pendidikan literasi keuangan di sekolah diperlukan fasilitas sejumlah game-board “PAP” yang mencukupi, dan peran mahasiswa pendamping.

Author Biographies

Vera Intanie Dewi, Universitas Katolik Parahyangan

Manajemen

Inge Barlian, Universitas Katolik Parahyangan

Manajemen

Downloads

Published

2024-06-06