Pembelajaran Berbasis Proyek STEM “Water Level Sensor” Dalam Mendukung Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka

Authors

  • Christina Ester Manthalina Hutabarat Universitas Katolik Parahyangan
  • Melania Eva Wulanningtyas Universitas Katolik Parahyangan
  • Satriya Ary Hapsara Sekolah Binus Serpong
  • Erlin Yuliana Sekolah Athalia Serpong

DOI:

https://doi.org/10.26593/sucsj.v1i2.7974.40-47

Keywords:

Kurikulum Merdeka, P5, Pembelajaran Berbasis Proyek, STEM

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memperlengkapi guru melalui Pelatihan Pembelajaran Berbasis Proyek STEM untuk memperkuat Profil Pelajar Pancasila dalam kerangka Kurikulum Merdeka. Pengabdian ini dilakukan di SMA Katolik Yos Sudarso Karawang dengan membawakan topik STEM yaitu merancang sensor alarm gempa dalam pembuatan Smart City. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah guru dapat menerapkan pembelajaran berbasis STEM pada pembuatan Smart City untuk memperkuat Profil Pelajar Pancasila dalam kerangka Kurikulum Merdeka. Dengan mengintegrasikan proyek ini, siswa terlibat dalam pembelajaran interdisipliner yang mendukung siswa mampu bernalar kritis, mandiri, gotong royong, dan kreatif. Pendekatan ini direkomendasikan sebagai strategi dalam pelaksanaan kurikulum guna mempersiapkan siswa menghadapi tantangan masa depan dan menanamkan nilai-nilai Pancasila.

Keywords: Kurikulum Merdeka, P5, Pembelajaran Berbasis Proyek, STEM

Downloads

Published

2024-12-09