PENENTUAN KAPASITAS JALAN BEBAS HAMBATAN DENGAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK VISSIM
DOI:
https://doi.org/10.26593/jtrans.v17i2.2725.%25pAbstract
Abstract
Currently, the used of MKJI 1997 for road capacity analysis in Indonesia has been considered not relevant anymore with traffic condition, road infrastructure, and related regulation. It was strengthened in many previous researches. One of method to determine road capacity value is using microsimulation method. The objective of this research is to determine road capacity value using microsimulation method with VISSIM software for Indonesia case, especially in highway characteristic. The research result show that the capacity value in Highway increased 8% for Cawang-Tomang-Cengkareng (CTC) highway Km 5,4 and 5% for JKT-CKP (JKT-CKP) highway Km 38 than capacity value in MKJI 1997. The different capacity value also occur for different lane or the urban and interurban highway, which is in MKJI 1997 not be distinguished between that difference.
Keywords: capacity, highway, microsimulation, VISSIM
Abstrak
Penggunaan MKJI 1997 untuk analisis kapasitas jalan di Indonesia saat ini dinilai tidak relevan terhadap kondisi lalulintas, prasarana jalan, dan regulasi terkait. Hal ini dikuatkan oleh beberapa penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Salah satu metode penentuan nilai kapasitas jalan, yaitu dengan pendekatan mikrosimulasi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai kapasitas jalan bebas hambatan di Indonesia menggunakan pendekatan mikrosimulasi dengan perangkat lunak VISSIM. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan nilai kapasitas di ruas Jalan Tol Cawang-Tomang-Cengkareng (CTC) Km 5,4 sebesar 8% dan Jalan Tol JKT-CKP (JKT-CKP) Km 38 sebesar 5% dibandingkan MKJI 1997. Perbedaan nilai kapasitas terjadi antarlajur, dan antara jalan tol yang melalui perkotaan dengan yang melalui antarkota, di mana kedua hal ini tidak dibedakan dalam MKJI 1997 dalam nilai kapasitas dasarnya.
Kata-kata kunci: kapasitas, jalan bebas hambatan, mikrosimulasi, VISSIM