PENGARUH GEOMETRIK JALAN SUBSTANDAR TERHADAP POTENSI TERJADINYA KECELAKAAN LALU LINTAS DI JALAN NASIONAL

Authors

  • An An Anisarida
  • Wimpy Santosa

DOI:

https://doi.org/10.26593/jtrans.v21i3.5451.219–228

Abstract

Abstract

 

The geometry of a road is a variable that affects the incidence of traffic accidents on the road. At this time, there are still national roads that do not fully meet the road technical requirements, which in this study are referred to as substandard roads. The potential for traffic accidents on substandard roads and on standard roads is thought to be different, and this is the hypothesis of this study. The purpose of this study is to examine whether the potential for traffic accidents on substandard roads and on standard roads is significantly different. The geometric effect of substandard and standard roads on traffic accident victims is analyzed in this research. In this study, a randomly selected sample was used, with a sample size of 72 national roads located in West Java Province. On the 72 national roads, field observations were carried out, in order to determine whether the geometry of the road sections fully met the technical planning criteria for national roads. In this study, traffic accident data of 2018 was used. This study shows that road geometry, both substandard and standard, does not significantly affect the potential for the number of traffic accidents on national roads. This study also proves that there is a significant difference in the potential for death victims of traffic accidents and the potential for minor injury victims of traffic accidents on substandard and on standard national roads.

 

Keywords: national road; road geometry; substandard roads; standard roads; traffic accident

 

 

Abstrak

 

Geometrik suatu jalan merupakan suatu variabel yang berpengaruh terhadap timbulnya kecelakaan lalu lintas di jalan tersebut. Pada saat ini, masih terdapat jalan nasional yang belum sepenuhnya memenuhi persyaratan teknis jalan, yang pada penelitian ini jalan seperti itu disebut sebagai jalan substandar. Potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan substandar dan di jalan standar diduga berbeda, dan hal ini menjadi hipotesis penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji apakah potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan substandar dan di jalan standar secara signifikan berbeda. Pengaruh geometrik jalan substandar dan jalan standar terhadap korban kecelakaan lalu lintas dianalisis pada studi ini. Pada penelitian ini digunakan sampel yang dipilih secara acak, dengan ukuran sampel 72 ruas jalan nasional yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Terhadap 72 ruas jalan nasional tersebut dilakukan pengamatan lapangan, agar dapat ditentukan apakah geometrik ruas jalan tersebut sepenuhnya memenuhi kriteria perencanaan teknis jalan nasional. Pada penelitian ini digunakan data kecelakaan lalu lintas tahun 2018. Penelitian ini menunjukkan bahwa geometrik jalan, baik yang substandar maupun yang standar, tidak berpengaruh secara signifikan terhadap potensi terjadinya jumlah kejadian kecelakaan lalu lintas di jalan nasional. Studi ini juga membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada potensi terjadinya korban kecelakaan lalu lintas yang meninggal dunia dan potensi terjadinya korban kecelakaan lalu lintas yang mengalami luka ringan di jalan nasional substandar dan di jalan nasional standar.

 

Kata-kata kunci: jalan nasional; geometrik jalan; jalan substandar; jalan standar; kecelakaan lalu lintas

Downloads

Published

2021-12-28

Issue

Section

Articles