STUDI EKSPLORATORI TAMPILAN WEBSITE E-COMMERCE YANG MENDORONG PEMBELIAN IMPULSIF

Authors

  • Marihot Nainggolan Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri Universitas Katolik Parahyangan, Bandung
  • Paulina Kus Ariningsih Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri Universitas Katolik Parahyangan, Bandung
  • Ignatius A. Sandy Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri Universitas Katolik Parahyangan, Bandung

Abstract

Jumlah pengguna internet yang semakin besar dan tingkat pertumbuhan omzet maupun jumlah start up bisnis electronic commerce (e-commerce) yang tinggi. Sementara itu, pembelian impulsif merupakan satu transaksi yang mendominasi bisnis retail dan menjadi salah satu keunggulan kompetitif perusahaan. Di lain pihak, studi mengenai tingkat efektivitas tampilan website e-commerce yang mendorong pembelian impulsif belum menyentuh aspek atribut tampilan website yang mendorong pembelian impulsif. Maka dari itu, perlu dilakukan studi eksploratori dengan objek penelitian yang diusulkan yaitu tiga situs e-commerce besar di Indonesia yaitu Zalora.co.id, Groupon.co.id, dan Bhinneka.com.
Luaran penelitian ini adalah implikasi manajerial yaitu penyusunan strategi dasar dalam perancangan website e-commerce untuk meningkatkan pembelian impulsif pada website tersebut. Luaran ini didapatkan dari studi eksploratori dengan atribut tampilan website e-commerce yang berpengaruh terhadap pembelian impulsif menggunakan metode analisis faktor, lalu atribut tersebut dimodelkan matematis menggunakan statistik multivariat untuk mengetahui besar pengaruh atribut tersebut pada pembelian impulsif. Luaran ini juga dapat dijadikan dasar dalam pengembangan strategi lanjutan dalam perancangan website e-commerce.
Didapatkan model matematis dari pengaruh faktor tampilan website terhadap pembelian impulsif. Selain itu, juga didapatkan informasi bahwa faktor tampilan website yang mendorong pembelian impulsif pada produk fashion adalah faktor penunjang (0,89) dan faktor service yang diberikan(0,41). Sedangkan pada website yang menjual makanan dan jasa kuliner didapatkan faktor promosi (0,07) dan kemudahan pembelian (0,53) menjadi faktor penting yang harus diperhatikan.

Downloads

Published

2016-02-04

Issue

Section

Articles