SISTEM INFORMASI MANAJEMEN UMAT KATOLIK KEUSKUPAN BANDUNG

Authors

  • Rosa de Lima Padmowati Jurusan Teknik Informatika, Fakultas FTIS Universitas Katolik Parahyangan, Bandung
  • Veronica Moertini Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Universitas Katolik Parahyangan, Bandung
  • Vania Natali Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Universitas Katolik Parahyangan, Bandung

Abstract

Setelah dokumen dan kelengkapan Proposal Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan judul Sistem Informasi Manajemen Umat (SIMU) Keuskupan Bandung, disetujui oleh Pimpinan LPPM Unpar, maka proses pembangunan SIMU pun dilakukan. Kegiatan sepanjang tahun 2015 merupakan kegiatan pembangunan SIMU, dan resmi diluncurkan pada saat acara Sinode Keuskupan Bandung, oleh Uskup Bandung, 22 November 2015 di Lembang.
SIMU dibangun setelah melakukan tahap analisis kebutuhan sistem, menggunakan teknik survey pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen saat kini. Kemudian dirancang bagan aliran kerja dan prosedur SIMU sesuai spesifikasi para pengguna SIMU. Pembangunan perangkat lunak SIMU diawali dengan analisis kebutuhan perangkat lunak, menggunakan usecase Diagram dan Entity-Relation Diagram. Pada tahap perancangan, dirancang antarmuka sistem, perancangan fisik basisdata, pengkodena program menggunakan framework Odoo, serta perancangan arsitektur jaringan (berbasis web).
SIMU disosialisasikan melalui rapat rutin per tiga bulan dengan pimpinan keuskupan dan tiga kali pertemuan dengan para pastor se keuskupan di Pratista. SIMU telah diujicobakan di dua paroki di Bandung (Odilia dan Ignatius) selama dua minggu. Telah dilakukan pelatihan bagi para staf sekretariat paroki yang kelak akan berperan sebagai Admin Paroki dalam SIMU. Pada acara Sinode 22 November 2015, Uskup Bandung akan meresmikan SIMU.
Selanjutnya, sejak Desember 2015 dan selama Januari-Juni 2016, sosialisasi SIMU secara langsung ke setiap dekenat dilakukan. Setiap paroki harus melakukan migrasi data PISA ke dalam SIMU, dan transaksi data umat beralih menggunakan SIMU, paling lambat pada Juni 2016. Sepanjang tahun 2016 akan dilakukan evaluasi dan perawatan SIMU berdasarkan kendala dan kebutuhan baru yang muncul.

Downloads

Published

2016-02-04

Issue

Section

Articles