PERANCANGAN SISTEM EVALUASI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI JURUSAN TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS KATOLIK PARAHYANGAN

Authors

  • Y.M. Kinley Aritonang Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri Universitas Katolik Parahyangan, Bandung
  • Ignatius A Sandy Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri Universitas Katolik Parahyangan, Bandung
  • Fenny Anggadipura Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri Universitas Katolik Parahyangan, Bandung

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan harus dilaksanakan oleh setiap lembaga pendidikan untuk
mengatasi persaingan tersebut. Oleh karena itu Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknologi
Industri Universitas Katolik Parahyangan harus menerapkan suatu sistem evaluasi yang baik.
Perbaikan sistem evaluasi dilakukan dengan memanfaatkan teori-teori mengenai sistem
evaluasi yang diterapkan secara khusus untuk pendidikan berdasarkan Pedoman Evaluasi
Proses Pembelajaran. Teori tersebut diterapkan bersamaan dengan tahapan-tahapan serta
teori mengenai evaluasi program menurut pandangan Fitzpatrick dalam Program Evaluation
(2004). Tahapan yang dilakukan dalam sistem evaluasi ini adalah tahap penentuan tujuan
evaluasi, pemilihan pendekatan, penentuan evaluator, memfokuskan evaluasi, serta
perencanaan evaluasi dalam pelaksanaan dan juga secara manajerial.
Rancangan sistem usulan melengkapi faktor-faktor penilaian yang berpengaruh terhadap
proses pembelajaran sebagai usaha untuk memperbaiki sistem yang ada. Desain evaluasi
yang digunakan adalah cross section dan pre-post. Pada sistem usulan dirancang
pengumpulan data dilakukan secara online serta menerapkan teknik sampling dalam
pengumpulan data evaluasi. Usaha perbaikan lain adalah dengan menambahkan sumber
data dari sistem evaluasi, serta memperbaiki penyampaian laporan hasil evaluasi.
Penetapan waktu serta personel evaluasi dalam sistem usulan ini juga diperbaiki agar dapat
dilakukan tindak lanjut sebagai usaha peningkatan kualitas dari pendidikan yang diberikan.

Downloads

Issue

Section

Articles