KETERKAITAN ANTARA PERSEPSI DENGAN KEMAMPUAN MATEMATIK SISWA: ANALISIS HASIL TIMSS 2007 UNTUK SISWA INDONESIA

Penulis

  • Agus Sukmana Jurusan Matematika, Fakultas Teknologi Infomasi dan Sains Universitas Katolik Parahyangan
  • Maria Anestasia Jurusan Matematika, Fakultas Teknologi Infomasi dan Sains Universitas Katolik Parahyangan

Abstrak

Persepsi yang buruk (negatif) dari siswa terhadap matematika ditenggarai berkaitan erat
dengan rendahnya prestasi hasil belajar matematika mereka. Penelitian ini bertujuan
mengkaji lebih dalam keterkaitan antara persepsi mengenai matematika dengan kemampuan
siswa untuk menyelesaikan permasalahan matematika di kelas 8. Analisis data dilakukan
terhadap data sekunder hasil studi TIMSS tahun 2007, dipilih data siswa dari Indonesia dan
beberapa negara di kawasan Asia Tenggara lainnya. Siswa di berbagai negara di kawasan asia
tenggara mempunyai karakteristik persepsi terhadap matematika yang hampir sama, dan pada
umumnya mempunyai persepsi yang netral atau cenderung positif (baik). Pada tingkat
keberartian α = 5%, persepsi siswa di Indonesia terhadap matematika tidak berkorelasi dan
tidak mempengaruhi kemampuan siswa untuk menyelesaikan masalah matematika. Hal ini
berbeda dengan yang terjadi di negara asia tenggara lainnya, kemungkinan disebabkan
pemahaman yang berbeda oleh siswa terhadap pelajaran matematika di sekolah dengan
materi tes TIMSS 2007. Implikasinya perlu dikaji kesesuaian antara pelajaran matematika di
sekolah menengah pertama khususnya kelas 8 dengan kompetensi yang menjadi standar
internasional.
Kata-kata kunci: matematika menyenangkan, matematika mudah, matematika berguna,
persepsi, TIMSS 2007.

##submission.downloads##

Terbitan

Bagian

Articles