IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK KERIPIK PONG’S
(STUDI KASUS : DESA PONGGANG)
Keywords:
Digital, Marketing, kripik, makananAbstract
Keripik Singkong Pong’s adalah salah satu produk yang diproduksi oleh UMKM Akar Sari dari Desa Ponggang. Berdasarkan wawancara dengan pihak owner, beliau mengatakan bahwa penjualan Keripik Pong’s setiap bulannya sedikit. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengimplementasikan digital marketing untuk meningkatkan penjualan produk Keripik Pong’s.. Peneliti menggunakan platform Instagram, Shopee, Tokko, dan Whatsapp untuk memasarkan produk. Dari upaya pemasaran produk tersebut telah berhasil menjual total 145 bungkus keripik dengan berat kotor lebih dari 14,5 kilogram. Berdasarkan informasi dari pemilik usaha Keripik Pong’s bahwa target penjualan per bulan adalah kurang lebih 10 kilogram. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penjualan melalui media digital berhasil dikarenakan berhasil menjual produk melebih target.
References
Aaker, D. A. (2006). Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Mitra Utama.
Abidin, F. (2020). Apa Peran UMKM bagi Perekonomian Indonesia. Diambil kembali dari https://www.idxchannel.com/infografis/apa-saja-peran-umkm-bagi-perekonomian-indonesia, diakses 10/12/2020
Akmala, N. (2018). Tak Melulu Negatif, Ini 5 Manfaat Ngemil Bagi Kesehatan Tubuh. Diambil kembali dari https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/tak-melulu-negatif-ini-5-manfaat-ngemil-bagi-kesehatan-tubuh-180802u.html, diakses 10/12/2020
Andreasen, A. R. (2005). Marketing Scholarship, Intellectual Leadership, And The Zeitgeist,. Journal of Public Policy & Marketing Vol. 24 (1) Spring, 133- 136.
Assuari, S. (. (2006). Strategic Marketing Edisi I. Jakarta: PT. Prehallindo.
Bella, A. (2017). Produsen, Kenali Kebiasaan Konsumsi Camilan di Indonesia. Diambil kembali dari https://marketeers.com/produsen-kenali-kebiasaan-konsumsi-camilan-konsumen-indonesia/, diakses 14/12/2020
Digital, D. (2020). Istilah Reach dan Impression Instagram. Diambil kembali dari https://dotnextdigital.com/istilah-reach-dan-impression-instagram/, diakses 12/12/2020
Hakim, I. (2020). Data Primer: Pengertian, Ciri- Ciri, dan Contohnya. Diambil kembali dari https://insanpelajar.com/data-primer/, diakses 14/12/2020
Hamdan, N. (2019). Penggunaan Instagram di Indonesia Terbesar Ke-4. Diambil kembali dari https://www.tagar.id/pengguna-instagram-di-indonesia-terbesar-ke4-dunia, diakses 16/12/2020
Haubl, G., & Trifts, V. (2000). Costumer Desicion Making in Online Shopping Enviroments: The Effects of Interactive Decision Aids. Marketing Science, Vol. 19 (1): 4-21.
Hestanto. (2017). Teori Online Shop Menurut Beberapa Ahli. Diambil kembali dari https://www.hestanto.web.id/online-shop/, diakses 18/12/2020
Hirschman, A. (1970). Exit, Voice, And Loyalty: Responses To Decline In Firms, Organizations, And States. Cambridge: Harvard University Press.
Kelvin. (2020). Penentuan Strategi Bagi Keripik Ponggang Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Jakarta: Tugas Akhir Strata I Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik Industri Atma Jaya Jakarta.
Kotler, P. (2001). Managemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan kontro. Jakarta: PT. Prehallindo.
Kotler, P., & Kevin, L. (2012). Marketing Manajemen 14th Edition. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.
Kotler, P., & L, K. (2007). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi 12. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.
Kurniawan, A. (2020). Pengertian Media Sosial Sejarah, Fungsi, Peran, Jenis, Ciri, Pertumbuhan, Dampak, Para Ahli. Diambil kembali dari https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-media-sosial/, diakses 13/12/2020
Markey. (2019). Pemasaran Konvesional Paling efektif, Strategi Marketing. Diambil kembali dari https://markey.id/blog/marketing/pemasaran-konvensional, diakses 15/12/2020
Mulyana, M. (2019). Segmentasi Pasar, Penargetan Pasar, dan Pemosisian. Jakarta: Universitas Terbuka.
NN. (-). Color and Its Psychology. Diambil kembali dari https://thedesigncart.com/blogs/news/color-and-its-psychology, diakses 16/12/2020
NN. (2019). Tanaman Singkong, Klasifikasi, Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya. Diambil kembali dari https://dosenpertanian.com/tanaman-singkong/, diakses 18/12/2020
Pangestika, W. (2020). Pengertian, Kelebihan, Jenis, dan Strategi Digital Marketing. Diambil kembali dari https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/, diakses 11/12/2020
Pratnawan, A. (2019). Penggunaan Instagram dan Facebook Indonesia Terbesar Ke-4. Diambil kembali dari https://www.google.com/amp/s/amp.suara.com/tekno/2019/06/19/133252/pengguna-instagram-dan-facebook-indonesia-terbesar-ke-, diakses 16/12/2020
Prawiro, M. (2020). Analisis SWOT: Pengertian Unsur- Unsur, Manfaat, Faktor, dan Contohnya. Diambil kembali dari https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian-analisis-swot.html, diakses 17/12/2020
Purnomo, J. (2009). Rancangan Pembangkit Listrik Biogas. Surakarta: Tugas Akhir Diploma III Program Studi Teknik Mesin Otomotif, Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret.
Rahadi, F. (2019). Tingkat Kematian UKM di Indonesia Masih Tinggi. Diambil kembali dari https://www.republika.co.id/berita/ekonomi/korporasi/19/02/13/pmuxj1291-tingkat-kematian-ukm-di-indonesia-masih-tinggi, diakses 16/12/2020
Rangkuti, F. (2013). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Shopee. (2019). Cara Membuat Iklan Shopee. Diambil kembali dari https://iklanku.shopee.co.id/learn/faq/56/21, diakses 20/12/2020
Wijaya, J. (2017). Usulan Pengembangan Produk Keripik Singkong Pong’s (Studi Kasus di Jakarta). Jakarta: Tugas Akhir Strata I Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ivan Goenawan, Enny Widawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.