IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK KERIPIK PONG’S

(STUDI KASUS : DESA PONGGANG)

Authors

  • Ivan Goenawan Unika AtmaJaya
  • Enny Widawati Unika Atma Jaya

Keywords:

Digital, Marketing, kripik, makanan

Abstract

Keripik Singkong Pong’s adalah salah satu produk yang diproduksi oleh UMKM Akar Sari dari Desa Ponggang. Berdasarkan wawancara dengan pihak owner, beliau mengatakan bahwa penjualan Keripik Pong’s setiap bulannya sedikit. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengimplementasikan digital marketing untuk meningkatkan penjualan produk Keripik Pong’s.. Peneliti menggunakan platform Instagram, Shopee, Tokko, dan Whatsapp untuk memasarkan produk. Dari upaya pemasaran produk tersebut telah berhasil menjual total 145 bungkus keripik dengan berat kotor lebih dari 14,5 kilogram. Berdasarkan informasi dari pemilik usaha Keripik Pong’s bahwa target penjualan per bulan adalah kurang lebih 10 kilogram. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penjualan melalui media digital berhasil dikarenakan berhasil menjual produk melebih target.

References

Aaker, D. A. (2006). Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Mitra Utama.

Abidin, F. (2020). Apa Peran UMKM bagi Perekonomian Indonesia. Diambil kembali dari https://www.idxchannel.com/infografis/apa-saja-peran-umkm-bagi-perekonomian-indonesia, diakses 10/12/2020

Akmala, N. (2018). Tak Melulu Negatif, Ini 5 Manfaat Ngemil Bagi Kesehatan Tubuh. Diambil kembali dari https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/tak-melulu-negatif-ini-5-manfaat-ngemil-bagi-kesehatan-tubuh-180802u.html, diakses 10/12/2020

Andreasen, A. R. (2005). Marketing Scholarship, Intellectual Leadership, And The Zeitgeist,. Journal of Public Policy & Marketing Vol. 24 (1) Spring, 133- 136.

Assuari, S. (. (2006). Strategic Marketing Edisi I. Jakarta: PT. Prehallindo.

Bella, A. (2017). Produsen, Kenali Kebiasaan Konsumsi Camilan di Indonesia. Diambil kembali dari https://marketeers.com/produsen-kenali-kebiasaan-konsumsi-camilan-konsumen-indonesia/, diakses 14/12/2020

Digital, D. (2020). Istilah Reach dan Impression Instagram. Diambil kembali dari https://dotnextdigital.com/istilah-reach-dan-impression-instagram/, diakses 12/12/2020

Hakim, I. (2020). Data Primer: Pengertian, Ciri- Ciri, dan Contohnya. Diambil kembali dari https://insanpelajar.com/data-primer/, diakses 14/12/2020

Hamdan, N. (2019). Penggunaan Instagram di Indonesia Terbesar Ke-4. Diambil kembali dari https://www.tagar.id/pengguna-instagram-di-indonesia-terbesar-ke4-dunia, diakses 16/12/2020

Haubl, G., & Trifts, V. (2000). Costumer Desicion Making in Online Shopping Enviroments: The Effects of Interactive Decision Aids. Marketing Science, Vol. 19 (1): 4-21.

Hestanto. (2017). Teori Online Shop Menurut Beberapa Ahli. Diambil kembali dari https://www.hestanto.web.id/online-shop/, diakses 18/12/2020

Hirschman, A. (1970). Exit, Voice, And Loyalty: Responses To Decline In Firms, Organizations, And States. Cambridge: Harvard University Press.

Kelvin. (2020). Penentuan Strategi Bagi Keripik Ponggang Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Jakarta: Tugas Akhir Strata I Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik Industri Atma Jaya Jakarta.

Kotler, P. (2001). Managemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan kontro. Jakarta: PT. Prehallindo.

Kotler, P., & Kevin, L. (2012). Marketing Manajemen 14th Edition. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Kotler, P., & L, K. (2007). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi 12. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Kurniawan, A. (2020). Pengertian Media Sosial Sejarah, Fungsi, Peran, Jenis, Ciri, Pertumbuhan, Dampak, Para Ahli. Diambil kembali dari https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-media-sosial/, diakses 13/12/2020

Markey. (2019). Pemasaran Konvesional Paling efektif, Strategi Marketing. Diambil kembali dari https://markey.id/blog/marketing/pemasaran-konvensional, diakses 15/12/2020

Mulyana, M. (2019). Segmentasi Pasar, Penargetan Pasar, dan Pemosisian. Jakarta: Universitas Terbuka.

NN. (-). Color and Its Psychology. Diambil kembali dari https://thedesigncart.com/blogs/news/color-and-its-psychology, diakses 16/12/2020

NN. (2019). Tanaman Singkong, Klasifikasi, Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya. Diambil kembali dari https://dosenpertanian.com/tanaman-singkong/, diakses 18/12/2020

Pangestika, W. (2020). Pengertian, Kelebihan, Jenis, dan Strategi Digital Marketing. Diambil kembali dari https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/, diakses 11/12/2020

Pratnawan, A. (2019). Penggunaan Instagram dan Facebook Indonesia Terbesar Ke-4. Diambil kembali dari https://www.google.com/amp/s/amp.suara.com/tekno/2019/06/19/133252/pengguna-instagram-dan-facebook-indonesia-terbesar-ke-, diakses 16/12/2020

Prawiro, M. (2020). Analisis SWOT: Pengertian Unsur- Unsur, Manfaat, Faktor, dan Contohnya. Diambil kembali dari https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian-analisis-swot.html, diakses 17/12/2020

Purnomo, J. (2009). Rancangan Pembangkit Listrik Biogas. Surakarta: Tugas Akhir Diploma III Program Studi Teknik Mesin Otomotif, Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret.

Rahadi, F. (2019). Tingkat Kematian UKM di Indonesia Masih Tinggi. Diambil kembali dari https://www.republika.co.id/berita/ekonomi/korporasi/19/02/13/pmuxj1291-tingkat-kematian-ukm-di-indonesia-masih-tinggi, diakses 16/12/2020

Rangkuti, F. (2013). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Shopee. (2019). Cara Membuat Iklan Shopee. Diambil kembali dari https://iklanku.shopee.co.id/learn/faq/56/21, diakses 20/12/2020

Wijaya, J. (2017). Usulan Pengembangan Produk Keripik Singkong Pong’s (Studi Kasus di Jakarta). Jakarta: Tugas Akhir Strata I Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Downloads

Published

2021-10-01