PROTOTYPE APLIKASI SMART CAMPUS UNTUK MENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN PADA ERA NEW NORMAL
Keywords:
prototipe, smart campus, proses pembelajaranAbstract
Selama masa pandemi ini, pemerintah telah berupaya untuk mengurangi penyebaran virus COVID-19 agar pembelajaran tatap muka dapat diberlakukan kembali. Terdapat tiga skenario tentang kebijakan pembelajaran pada masa new normal, yaitu skenario optimis, skenario pesimis, dan skenario moderat (pembelajaran blended learning). Pada penelitian ini, diusulkan prototipe aplikasi smart campus yang diharapkan dapat membantu menjalankan program new normal dengan efisien. Teknologi pendukung yang dimanfaatkan adalah smart camera, buzzer, dan QR Code. Smart camera dimanfaatkan untuk mendeteksi suhu tubuh dan mengidentifikasi orang-orang pada pintu gerbang dan lingkungan kampus. Jika terdeteksi memiliki gejala COVID-19 maka buzzer akan memberikan notifikasi. Teknologi QR Code dimanfaatkan untuk sistem presensi kehadiran mahasiswa di kelas. Prototipe aplikasi smart campus ini diharapkan nantinya ketika diimplementasikan dapat mendukung proses pembelajaran serta mengurangi penyebaran COVID -19 dalam lingkungan kampus.
References
Aristovnik, A., Keržič, D., Ravšelj, D., Tomaževič, N., dan Umek, L. 2020. Impacts of the COVID-19 Pandemic on Life of Higher Education Students: A Global Perspective. Sustainability 2020, 12.
Liem, S. M., Willy, Tuga, M. Y., dan Lisangan, E. A. 2020. Prototype Aplikasi Pengawasan Masyarakat Menggunakan Smart Camera Dalam Mendeteksi COVID 19. Jurnal Fokus Elektroda. 5 (3): 15-19.
Narayanan, A.S. 2012. QR code and security solution. International Journal of Computer Science and Telecommunications, 3(7), 69-71.
Nastiti, R., dan Hayati, N. 2020. Pembelajaran Daring pada Pendidikan Tinggi: Tantangan Bagi Mahasiswa dan Dosen di Tengah Pandemi. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia. 3(3): 378-390.
Nugroho, M. M., Syamsuar, A., Syamsuar, A., Yunaryo, H. M. A., Pramesti, L. A., Nurrudin, M., Darmamulia, M. A., Fasya, R. A., Hannifah, S. H., Gaol, S. I. P. L., dan Ernawati. 2020. Analisis Kesiapan Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka di Indonesia pada Tahun 2021. Journal Publicuho. 3 (3): 523-542.
Suwendi. 2020. Skenario Pendidikan Indonesia Era New Normal, (Online), (https://js.ugm.ac.id/2020/06/29/skenario-pendidikan-indonesia-era-new-normal/, diakses 10 Juni 2021).
Supendi, Y., Supriadi, I., dan Isto, A. A. W. 2019. Pemanfaatan Teknologi QR-Code Pada Sistem Presensi Mahasiswa Berbasis Mobile (Studi Kasus Universitas Langlangbuana). Seminar Nasional APTIKOM (SEMNASTIK) 2019: 550-558.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Paramita Aditung, Anthony Dicky Rustan, Aaron William Kusuma, Trofan Putra Pranata, Yulen Anse Pariury, Shereen Beatrix Adhiwidjaja, Erick Alfons Lisangan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.