USULAN PENURUNAN JUMLAH CACAT PRODUK BANTAL PADA UMKM X MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA

Penulis

  • Reynaldi Pierera Gautama Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan
  • Marihot Nainggolan

Kata Kunci:

perbaikan mutu, six sigma, bantal, umkm

Abstrak

UMKM X merupakan suatu unit usaha yang memproduksi bantal dan guling yang beroperasi sejak Desember 2019. Masalah yang dihadapi oleh UMKM X saat ini adalah kerugian yang diakibatkan oleh tingginya persentase cacat bantal yang dihasilkan. Untuk mengurangi kerugian yang diakibatkan tingginya persentase cacat yang dihasilkan, digunakan metode Six Sigma DMAIC.

Melalui penelitian ini didapatkan bahwa performansi UMKM X saat ini berada pada level sigma sebesar 3,66 dengan nilai DPMO sebesar 15274,8. Lalu diusulkan 9 rencana perbaikan yaitu pembuatan alat bantu mengarahkan jatuhnya bantal, penyuluhan kepada pekerja secara rutin setiap 2 minggu sekali, melakukan evaluasi performansi dan menerapkan sistem reward and punishment, pengecekan timbangan secara berkala setiap 2 minggu sekali, membuat pelatihan kepada pekerja, pembuatan visual display agar pekerja tidak menekan tombol lain selain “zero”, pembuatan visual display untuk mengisi daya timbangan setelah jam kerja selesai, membuat instruksi kerja proses press, dan melakukan pemeriksaan terhadap plastik pembungkus bantal.

Referensi

Gaspersz, V. (2002). Pedoman Implementasi Program Six Sigma : Terintegrasi dengan ISO 9001:2000, MBNQA, dan HACCP. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hoffman, E. (2004). Jig and Fixture Design, Fifth Edition. New York: Delmar.

Ivancevich, J. M., Konopaske, R., & Matteson, M. T. (2014). Organizational Behaviour and Managment Tenth Edition. New York, United States Of America: McGraw-Hill.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (2018). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Usaha Besar (UB) Tahun 2017-2018. Dikutip pada 13 Desember 2020. Diakses melalui : http://www.depkop.go.id/uploads/laporan/1580223129_PERKEMBANGAN%20DATA%20USAHA%20MIKRO,%20KECIL,%20MENENGAH%20(UMKM)%20DAN%20USAHA%20BESAR%20(UB)%20TAHUN%202017%20-%202018.pdf

Mitra, A. (2008). Fundamental of Quality Control and Improvement (3rd ed.). United States of America : McGraw-Hill.

Pande, P. S., Neuman, R. P., & Cavanagh, R. R. (2000). The Six Sigma Way : How GE, Motorola, and Other Top Companies Are Honing Their Performance. United States of America: McGraw-Hill.

Pyzdek, T., Keller, P.A. (2010). The Six Sigma Handbook (3rd ed) : A Complete Guide for Green Belts, Black Belts, and Managers at All Levels. New York, United States of America: McGraw-Hill.

Salis, E. (2002). Total Quality Management In Education 3rd Edition. United States of America: Stylus Publishing.

Shankar, R. (2009). Process Improvement Using Six Sigma : A DMAIC Guide. Winconsin, United States of America: ASQ Quality Press.

Sutalaksana, I. Z., Anggawisastra, R., & Tjakraatmadja, J. H. (2006). Teknik Perancangan Sistem Kerja. Bandung: Penerbit ITB.

Turner, W. C., Mize, J. H., Case, E. K., & Nazemetz, W. J. (1993). Introduction To Industrial And System Engineering. New Jersey: Prentice-Hall. Inc.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-01