ANALISA BEBAN KERJA MENTAL MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN SECARA DARING DI UNIVERSITAS KATOLIK DARMA CENDIKA SURABAYA

Penulis

  • Johan Patrick Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya
  • Lusi Mei Cahya

Kata Kunci:

Beban Kerja Mental, NASA-TLX, Kuliah Daring

Abstrak

Laju berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan dampak bagi sistem pembelajaran yang semula secara tatap muka atau konvensional menjadi e-learning atau daring. Hal ini membuat banyak perubahan terhadap sistem pendidikan dan memberikan dampak langsung kepada mahasiswa baik itu dari proses pembelajaran sampai ke beban mental yang dialami. Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya juga tidak luput dari sistem pembelajaran secara online atau daring. Maka dari itu perlu adanya perlu adanya analisa beban kerja mental mahasiswa fakultas teknik Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa beban kerja mental mahasiswa masuk dalam kategori berat yaitu sebesar 81,74. Sedangkan dari keenam indikator dalam NASA-TLX, Indikator Kebutuhan Mental (KM) memiliki skor proporsi paling tinggi yaitu 25,3%. Dalam uji Korelasi Spearman variabel usia memiliki korelasi yang signifikan terhadap beban kerja mental mahasiswa dalam proses pembelajaran secara daring

Referensi

Febrilliandika, B., & Nasution, A. E. (2020). Pengukuran Beban Kerja Mental Kuliah Daring Mahasiswa Teknik Industri USU Dengan Metode NASA-TLX. Seminar Dan Konferensi Nasional IDEC 2020, A13, 1–7.

Hancock, P. A., & Meshkati, N. (1988). Human mental workload (1st ed.). Elsevier Science Publishers B.V.

Harrati, N., Bouchrika, I., Tari, A., & Ladjailia, A. (2016). Exploring user satisfaction for e-learning systems via usage-based metrics and system usability scale analysis. Computers in Human Behavior, 61, 463–471.

Hendrawan, B., Ansori, M., & Hidayat, R. (2013). Pengukuran dan Analisis Beban Kerja Pegawai Bandara Hang Nadim. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1(1), 55–67.

Nofri, T., Prastawa, H., & Susanto, N. (2017). Pengukuran Beban Mental di Kalangan Mahasiswa Menggunakan Metode NASA-TLX (Studi Kasus: Mahasiswa Departemen Teknik Industri Undip). Industrial Engineering Online Journal, 6(2).

Putri, U. L., & Handayani, N. U. (2017). Analisis beban kerja mental dengan metode NASA TLX pada departemen logistik PT ABC. Industrial Engineering Online Journal, 6(2).

Romli, A. S. M. (2012). Jurnalistik Daring: Panduan Praktis Mengelola Media Daring. Bandung: Nuansa Cendekia.

Simanjuntak, R. A. (2010). Analisis Pengaruh Shift Kerja terhadap Beban Kerja Mental dengan Metode Subjective Workload Assessment Technique (SWAT). Jurnal Teknologi, 3(1), 53–60.

Wignjosoebroto, S., & Zaini, P. (2007). Studi aplikasi ergonomi kognitif untuk beban kerja mental pilot dalam pelaksanaan prosedur pengendalian pesawat dengan metode “SWAT.” Laboratorium Ergonomi Dan Perancangan Sistem Kerja Jurusan Teknik Industri. Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Xie, H., Zou, D., Zhang, R., Wang, M., & Kwan, R. (2019). Personalized word learning for university students: a profile-based method for e-learning systems. Journal of Computing in Higher Education, 31(2), 273–289.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-01