PENGAMBILAN KEPUTUSAN STRATEGI PEMASARAN TERBAIK MENGGUNAKAN METODE TOPSIS

Authors

  • Lusi Mei Cahya Wulandari Universitas Katolik Darma Cendika
  • Yohana Endah Kiswati Universitas Katolik Darma Cendika

Keywords:

Media Sosial, Promosi, Topsis

Abstract

Penyebaran virus Corona yang semakin marak diseluruh dunia mengharuskan seluruh masyarakat untuk mengurangi kegiatan yang dilakukan secara tatap muka. Sama halnya dengan Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya, yang menetapkan aturan bagi seluruh karyawan maupun mahasiswa untuk melakukan proses belajar dan mengajar secara daring.  Kondisi ini juga berdampak pada kegiatan promosi kampus, dimana jika sebelumnya karyawan maupun mahasiswa dapat melakukan promosi secara langsung ke sekolah-sekolah, dan lain sebagainya, maka untuk saat ini promosi hanya dapat dilakukan melalui media sosial saja. Penelitian ini akan membahas bagaimana metode Topsis dapat membantu untuk menentukan keputusan media sosial yang terbaik sebagai tempat untuk melakukan promosi. Dari hasil 150 kuesioner yang telah diolah, ternyata hasil yang diperoleh adalah media sosial A4 menjadi sarana terbaik untuk melakukan promosi, dengan nilai yang diperoleh adalah 0,424.

References

Abbas, 2015. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen (Pada Home Industry Moshimoshi Cake Samarinda). eJournal Administrasi Bisnis, Volume 3(1), p. 246.

Arikunto, S. (1992). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka cipta.

Diniaty, D. (2020). Perencanaan Strategi Pemasaran Telur Ayam untuk Meningkatkan Penjualan pada Peternakan Budi Daya Alam Lestari dengan Metode Marketing Mix dan Topsis. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri, 4(2), 91-100.

Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa:(Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish.

Fathonah, 2016. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Pelayanan Pendidikan di MAN 1 Sragen. Tesis Program Pasca Sarjana Institut Agama Inslam Negeri Surakarta, p. 115.

Fauzin, 2017. Strategi Pemsaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah. Jurnal Madaniyah, Volume 7(2), p. 264.

Gӧrener, 2012. Comparing AHP and ANP : An Application of Strategic Decisions Making in a Manufacturing Company. International Journal of Business and Social Science, Volume 3(11), p. 194.

Machali, I., 2016. The Handbook of Education: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. 1 ed. Jakarta: Prenadamedia Group.

Mardalis. (1995). Metode penelitian: suatu pendekatan proposal. Bumi Aksara.

Payne, 2000. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.

Rochman, D. S., Andesta, D., & Widyaningrum, D. (2020). Penerapan Metode AHP dan Topsis Pada Perangkingan Supplier Bahan Baku Plate Pembuatan Hopper, (Studi Kasus: PT Semen Indonesia Logistik). JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), 1(1), 42-48.

Saaty, 2008. The Analytic Network Process. Iranian Journal of Operation Research, Volume 1, pp. 1-27.

Shanian, 2006. TOPSIS multiple-criteria decision support analysis for material selection of metallic bipolar plates for polymer elevtrolyte fuel cell. Journal of Power Source, Volume 159(2), pp. 1059-1104.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susiana, A., Kamsyakawuni, A., & Riski, A. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemasaran Mobil di Toyota Auto2000 Jember dengan Metode Fuzzy TOPSIS. Jurnal Saintika Unpam: Jurnal Sains dan Matematika Unpam, 3(1), 42-51.

Tanjung, 2013. Metodologi Penelitian Ekonomi. s.l.:Gramedia.

Warsito, H. (1992). Pengantar metodologi penelitian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2021-10-01