EVALUASI PROTEKSI TERHADAP KEBAKARAN PADA DAGO BUTIK CONDOTEL

Authors

  • Rufina Pragono Mahasiswi S1 Jurusan Arsitektur Universitas Katolik Parahyangan

Abstract

Abstract 

The rising number of residents in Bandung causes lots of housing projects, for landed housing and collective housing. As we know, the land is very limited. That's why there are lots of vertical houses built, especially apartments and low cost vertical housings. The building of this vertical housing sometimes neglects the importance of fire protection that actually has the important role of tenants' safety. 

This study evaluates the fire protection in Dago Butik Condotel, one of apartments in northern Bandung. The analysis especially done for the tools used in fire protection, for instance fire exit, fire system, and the apparatus for fire protection. 

The purpose of this evaluation is to know whether the fire protection is safe enough for the tenants. Therefore, the result of this study is also for the owner’s evaluation. 

The analysis is done by comparing between the Technical Standard for Safety in Fire Protection in Buildings and Environment and the reality. Interviews and direct survey are done for collecting the data. 

After the research about the fire protection system is done, it turned out that the fire protection tools has already agreed with the standard. However, the tenants have never done any simulation for any fire situation. In conclusion, the safety of the tenants regarding the fire protection is not guaranteed.

 

Key Words: evaluation, fire protection, Dago Butik Condotel 

 

Abstrak 

Semakin bertambahnya jumlah penduduk di kota Bandung menimbulkan banyaknya pembangunan hunian, baik landed housing maupun collective housing. Karena lahan yang semakin terbatas, maka banyak didirikan hunian vertikal berupa apartemen dan rumah susun. Namun pembangunan hunian tinggi tersebut kerap kali melupakan aspek proteksi terhadap kebakaran yang berhubungan erat dengan keselamatan penghuni. 

Studi ini mengevaluasi mengenai proteksi terhadap kebakaran pada Dago Butik Condotel, salah satu apartemen di wilayah utara kota Bandung, dengan mengacu kepada Ketentuan Teknis Pengamanan Terhadap Bahaya Kebakaran Pada Bangunan Gedung dan Lingkungan. Analisis khususnya dilakukan pada sarana proteksi terhadap kebakaran yang meliputi tangga kebakaran, sirkulasi kebakaran, dan peralatan sistem kebakaran. 

Tujuan dilakukannya kajian ini adalah untuk mengetahui apakah keselamatan penghuni Dago Butik Condotel dalam hal proteksi terhadap kebakaran sudah terjamin. Selain itu, hendaknya hasil evaluasi ini juga menjadi evaluasi untuk pengelola gedung Dago Butik Condotel. 

Analisis dilakukan dengan membandingkan antara Ketentuan Teknis Pengamanan Terhadap Bahaya Kebakaran Pada Bangunan Gedung dan Lingkungan dengan kenyataan yang ada di lapangan. Data kenyataan yang ada di lapangan ini dikumpulkan dengan melakukan wawancara dan survey langsung ke lapangan.

Setelah dilakukan analisis terhadap sarana dan proteksi terhadap kebakaran yang ada di Dago Butik Condotel, ditemukan bahwa sarana proteksi terhadap kebakaran yang ada sesuai dengan standar. Namun belum pernah dilakukan simulasi kebakaran oleh seluruh penghuni, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa keselamatan penghuni kurang terjamin dari segi proteksi terhadap kebakaran.

 

Kata Kunci: evaluasi, proteksi terhadap kebakaran, Dago Butik Condotel

Published

2009-12-31

Issue

Section

Articles