SISTEM PROTEKSI KEBAKARAN YANG HEMAT UNTUK RUSUN

Authors

  • Dennis Liandy Mahasiswa S1 Jurusan Arsitektur Universitas Katolik Parahyangan

Abstract

Abstract 

Apartment Development is one of the alternative solution for the problem in the city with great number of population and dominated by low-income society. But the development of apartment in the city meets problem when the price of apartment units is out of reach and need to be economized

Economization of apartment price meets the problem of comfort, safety, and healthy that need to be fulfilled first. To fulfill the needs of safety factor, building have to equipped with fire protection and then increased in building cost. So, this script analyze explore to find which system of fire protection that cheaper and not wasteful. 

Cost of fire protection equipment (fire detector, smoke detector, sprinkle, etc) causing building system need to be designed effectively so it can worked well and not wasteful and the operational cost of building not become expensive. 

This script try to find out how to design fire protection in apartment building effectively and how to use fire protection equipment economically. To find how to design effective fire protection system in apartment buildings, this script compare the theory of fire protection to a apartment model and then analyze which part of the system that can be reduced. To find how to economized the use of fire protection equipment, this script analyze function of each equipment and find another method as the substituted so the use of fire protection equipment can be reduce or eliminated. 

 

Key Words: fire protection system, effective, apartment 

 

Abstrak 

Pembangunan Rumah Susun merupakan salah satu alternatif jawaban atas permasalahan kota besar dengan tingkat kepadatan penduduk yang besar dan tingkat ekonomi penduduk yang didominasi oleh masyarakat berpenghasilan rendah. Namun pembangunan rumah susun bukan tanpa masalah. Aspek biaya menuntut ekonomisasi dalam pembangunannya agar rumah susun sendiri dapat dijangkau oleh kalangan masyarakat ekonomi bawah. 

Upaya untuk mengekonomiskan harga rumah susun terbentur pada aspek kenyamanan, keamanan,dan keselamatan yang harus dipenuhi dalam desain rumah susun. Faktor keselamatan pada bangunan bertingkat banyak menuntut desain proteksi kebakaran bangunan yang lebih sehingga mengakibatkan munculnya kebutuhan akan sarana dan prasarana penyelamatan yang lebih. Hal ini meyebabkan alokasi biaya untuk pengadaan sarana dan prasarana penyelamatan menjadi sangat mahal. Oleh karena itu perlu dicari desain sistem proteksi kebakaran yang lebih murah agar alokasi biaya untuk proteksi kebakaran tidak membebani harga beli atau sewa unit Rusun. 

Besarnya biaya yang diperlukan untuk menyediakan alat proteksi kebakaran aktif (fire detector, smoke detector, sprinkle, dll) menyebabkan perlunya desain sistem proteksi kebakaran yang efektif agar peralatan proteksi kebakaran dapat berfungsi dengan baik namun tidak boros sehingga biaya operasional gedung tidak menjadi mahal.  

Besarnya biaya alat proteksi kebakaran tidak hanya disebabkan harga satuan alat proteksi namun juga ditentukan oleh banyaknya spesifikasi yang dibutuhkan untuk meyediakan sistem proteksi kebakaran yang baik. Hal ini disebabkan karena setiap alat proteksi kebakaran bekerja di dalam sebuah sistem yang terdiri atas banyak spesifikasi peralatan.  

Studi ini mencoba untuk mencari cara untuk mengefektifkan sistem alat proteksi kebakaran serta cara untuk menghemat penggunaan alat proteksi kebakaran pada bangunan rusun. Untuk mengefektifkan sistem alat proteksi kebakaran dilakukan analisa melalui penerapan teori dari literatur ke dalam model rusun pada objek studi. Untuk menganalisa cara menghemat alat proteksi kebakaran dilakukan analisa fungsi alat proteksi untuk kemudian dicari fungsi substitusi agar pengunaan alat proteksi kebakaran dapat dikurangi atau dihilangkan sama sekali.  

 

Kata kunci: sistem proteksi kebakaran, efektif, rumah susun 

Published

2008-12-31

Issue

Section

Articles