PERMODELAN SIRIP PENANGKAL SINAR MATAHARI DENGAN SUN STUDY ARCHICAD

Authors

  • Veronica Sandra Sachiko Alumni S1 Jurusan Arsitektur Universitas Katolik Parahyangan
  • Monica Aryani Mahasiswi S1 Jurusan Arsitektur Universitas Katolik Parahyangan

Abstract

Abstract 

Many apartment buildings which develop in big cities are designed without sun protector that uses to reduce the sun's rays radiation entered to the building. 

Planning the sun protector uses traditional ways like using solar chart-protractor or heliodon, aren't efficient and difficult In other way, there are many new technology softwares that can help us to design sun protector easily, fastly, and accurately. ArchiCAD is one of softwares which has sun study facility, so the characteristic of sun's rays that shine to the building can be learned. 

This writing is using simulation method. Analysis result is the value of simulations that were done to facades Setiabudi Apartment Bandung in different orientation (eight point of the compass direction as poles). 

The simulation result prove that using sun study from ArchiCAD facility is more accurate, easier, faster, and more efficient than using solar chart-protractor or heliodon way. 

 

Keywords: sun protector, sun study ArchiCAD, Setiabudhi Apartment 

 

Abstrak 

Bangunan apartemen yang berkembang di kota-kota besar di Indonesia kebanyakan dirancang tanpa Sirip Penangkal Sinar Matahari (SPSM), padahal SPSM berguna untuk mengurangi radiasi sinar matahari yang masuk ke dalam bangunan. 

Merancang SPSM menggunakan cara tradisional seperti solar chart dan protractor, serta heliodon dirasakan sulit dan tidak praktis, sementara itu muncul berbagai teknologi komputer yang dapat membantu proses perancangan SPSM agar lebih mudah, cepat, dan akurat. Salah satu software konstruksi bangunan yang mempunyai fasilitas sun study adalah ArchiCAD, dimana karakteristik sinar matahari yang jatuh ke permukaan bangunan dapat dipelajari. 

Metode yang digunakan adalah metode simulasi. Hasil analisa yang diperoleh berupa nilai 'kebocoran' dari simulasi-simulasi yang dilakukan terhadap fasad-fasad pada orientasi yang berbeda-beda (delapan arah mata angin sebagai arah-arah patokan). Dalam hal ini, penelitian dilakukan pada fasad Apartemen Setiabudi, Bandung. 

Hasil dari penelitian membuktikan bahwa penggunaan fasilitas sun study dari ArchiCAD terbukti akurat dan mampu melakukan simulasi secara mudah, cepat, dan praktis, dibandingkan dengan penggunaan sistem/alat lainnya seperti solar chart-protractor dan heliodon. 

 

Kata Kunci: Sirip Penangkal Sinar Matahari, Sun Study ArchiCAD, Apartemen Setiabudhi. 

Published

2008-12-31

Issue

Section

Articles