PENERAPAN RUANG GERAK MINIMAL TERHADAP TATANAN PERABOT PADA UNIT HUNIAN TIPE 21

Authors

  • Yuliana Yuliana Alumna S1 Jurusan Arsitektur Universitas Katolik Parahyangan
  • Sherly Mellisa Mahasiswi S1 Jurusan Arsitektur Universitas Katolik Parahyangan

Abstract

Abstract

The dimension of human dwelling is very related to space for them, which appropriate with what people needs who live in, although existing dimension are very limited and minimum.

The dimensions of space that happened in each dwelling unit depended from placing and quantity of furniture which were owned by dweller.

The dimensions of space that happened in each dwelling unit become too narrow or small because the mistake from dweller in location of furniture and too much furniture. While other mistake there is also on the side of organizer permitting rights rent at dweller owning family more than 3 head (husband, wife, and children above five year old). From entire existing room, which is generally felt to narrow, only WC size measure fulfilling standard.

Keywords: dimension of human, furniture arrangement, low cost multistorey housing

Abstrak

Besaran suatu unit hunian yang layak huni sangat terkait erat dengan ruang gerak bagi manusia, yang sesuai dengan kebutuhan manusia yang tinggal di dalamnya, walaupun besaran ruang yang ada sangatlah terbatas dan minim.

Ukuran-ukuran ruang gerak yang terjadi pada setiap unit hunian tergantung dari perletakkan dan jumlah perabot yang dimiliki oleh para penghuni.

Ukuran ruang gerak yang terjadi pada setiap unit hunian menjadi sempit atau kecil karena kesalahan dari para penghuni dalam penempatan perabot dan terlalu banyaknya perabot yang dimiliki. Sedangkan kesalahan lainnya ada juga pada pihak pengelola yang mengijinkan hak sewa pada penghuni yang memiliki keluarga lebih dari 3 jiwa (suami, istri, dan anak-anak di atas balita). Dari seluruh ruang yang ada, yang umumnya dirasakan sempit, hanya ukuran WC yang memenuhi standar.

Kata kunci: dimensi manusia, tatanan perabot, rumah susun

Downloads

Published

2008-07-01

Issue

Section

Articles