ANALISIS PENGARUH COMPLIANCE REPORTING DAN MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Authors

  • Dian Sadeli

DOI:

https://doi.org/10.26593/jab.v13i1.2811.%25p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris mengenai pengaruh compliance reporting, mekanisme Good Corporate Governance terhadap nilai perusahaan. Mekanisme corporate governance dihitung dengan menggunakan proporsi komisaris independen, jumlah anggota komite audit, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial. Nilai perusahaan dihitung dengan Tobin’s Q.

 

Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2015. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 28 sampel perusahaan. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi berganda.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa compliance reporting, jumlah komite audit, dan kepemilikan isntitusional tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan komposisi dewan komisaris independen dan kepemilikan manajerial memiliki hubungan positif signifikan terhadap nilai perusahaan Penelitian ini menunjukkan bahwa faktor internal perusahaan secara simultan memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. Terdapat faktor lain yang tidak dibahas namun mempengaruhi nilai perusahaan.

 

Kata kunci : Compliance Reporting, Mekanisme Good Corporate Governance, Nilai Perusahaan, Tobin’s Q

References

-

Downloads

Published

2019-03-01

Issue

Section

Articles