PENINGKATAN VISIBILITAS PENGAMBILAN KEPUTUSAN DIVISI AKUNTANSI DAN KEUANGAN DI PT SENTRA WIRA TAKTIKAL

Authors

  • Jeremmy Nathanael

DOI:

https://doi.org/10.26593/jab.v16i2.3811.140-162

Abstract

Indonesia merupakan negara terpadat ke-4 di dunia menurut United States Census Bureau pada tahun 2018. Hal tersebut menyebabkan ada banyak variasi hobi yang dimiliki masing-masing individu, dan akan mengundang adanya bisnis-bisnis yang bervariasi pula dalam memenuhi permintaan atas hobi-hobi yang ada. Salah satunya adalah bisnis taktikal yang menjual peralatan taktikal kepada orang-orang dengan hobi airsoft-gun, menembak, dll., seperti PT Sentra Wira Taktikal.
Masalah yang dihadapi PT Sentra Wira Taktikal antara lain mengenai pencatatan transaksi yang tidak tervalidasi, tidak tercatat, dan tidak diolah dengan baik sehingga timbulnya kemungkinan terjadi kesalahan dalam penerimaan barang, kekeliruan dalam pengiriman barang, dll. Karena hal tersebut, data-data menjadi tidak dapat dipergunakan di kemudian hari yang mengakibatkan lemahnya keputusan-keputusan yang diambil. Karena itu, PT Sentra Wira Taktikal harus mengaplikasikan sistem informasi dalam membantu pemilik dalam melakukan pengambilan keputusan.
Untuk mencapai tujuan penelitian, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dimana metode ini lebih menekankan pada aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah. Teknik analisis yang digunakan adalah diagram Laudon yang akan ditunjang oleh alat-alat lainnya, seperti: Porter 5 Forces untuk analisis permasalahan eksternal, SWOT untuk analisis permasalahan internal, BCB untuk identifikasi kebutuhan, BPMN untuk menggambarkan proses bisnis, Tampilan Pengguna untuk membantu pengguna dalam mengakses sistem informasi, dan Decision tree dalam membentuk logika berpikir.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka kontrol yang dihasilkan sesuai kebutuhan PT. Sentra Wira Taktikal adalah sistem yang mampu mendefinisikan proses bisnis secara terperinci dan meningkatkan visibilitas guna peningkatan visibilitas pengambilan keputusan.

Kata kunci: Sistem Informasi, Porter 5 Forces, SWOT, BCB, BPMN, User Interface, dan Decision Tree.

References

Creswell, J. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design Choosing Among 5 Approaches 2nd. London: Sage Publication, Inc.

Dul, J., & Hak, T. (2008). Case Study Methodology in Business Research. Elsevier.

Gunawan, A. (2012). Information access for SME's in Indonesia: A study on the business performance of garment manufacturers. Enschede: Ipskamp Drukkers.

Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2016). Management Information System. London: Pearson.

O'Brien, J. (2010). Introduction to Information System 15th edition. New York: McGraw-Hill Irwin.

Shneiderman, B., & Plasant, C. (2005). Designing User Interface. Maryland: Pearson Education Inc.

Stiehl, V. (2014). Process-Driven Applications with BPMN. Walldorf: Springer.

Sugiyono. (2014). Model Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Thompson, A., Peteraf, M., Gamble, J., & Strickland III, A. (2016). Crafting and Executing Strategy: The Quest For Competitive Advantage, Concepts and Cases (20th ed.). New York: McGraw-Hill/Irwin.

Tsang, S., Kao, B., Yip, K., Wai, S., & Dan Lee, S. (2009). Decision Trees for Uncertain Data. IEEE Transactions on Knowledge & Data Engineering, 441 - 444.

United States Census Bureau. (2018, Juli 1). most populous countries. Retrieved from census.gov: https://www.census.gov/popclock/world

Yin, R. (2011). Qualitative Research from Start to Finish. New York: The Guilford Press.

Downloads

Published

2020-12-23

Issue

Section

Articles