Pemerataan Pendidikan: Studi Kasus 34 Provinsi di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.26593/pedr.v1i2.6670Kata Kunci:
Gini Pendidikan, dana pendidikan, Infrastruktur Pendidikan, tingkat pendapatanAbstrak
Pendidikan sangat penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan pemerataan sosial dalam pendapatan. Namun demikian, peran kritis pendidikan tersebut tetap perlu diimbangi dengan pemerataan akses pendidikan bagi seluruh masyarakat di setiap daerah. Penelitian ini ingin mengetahui ketimpangan pendidikan di 34 provinsi Indonesia dari tahun 2015 hingga 2019. Penelitian ini juga mengidentifikasi ada atau tidaknya pengaruh antara dana pendidikan, infrastruktur pendidikan, dan tingkat pendapatan rata-rata terhadap gini pendidikan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat disparitas pendidikan yang tinggi antara wilayah barat dan timur Indonesia. Dengan menggunakan teknik Panel Least Square (PLS), diperoleh hasil bahwa pendanaan dan infrastruktur pendidikan memiliki hubungan yang negatif dan signifikan. Sedangkan variabel pendapatan memiliki hubungan yang positif, namun hasilnya tidak signifikan.